Libas Persewangi Banyuwangi, Persitas Lolos Ke Liga 3 Nasional

Sabtu, 07 Desember 2019 08:18 D. Farhan Kamil Sepakbola

Libas Persewangi Banyuwangi, Persitas Lolos Ke Liga 3 Nasional

 

Koropak.co.id - Siapa yang hari ini tak kenal Persitas Kabupaten Tasikmalaya. Klub sepak bola dengan julukan Laskar Galunggung ini, baru saja masuk ke Liga 3 Nasional. Dan untuk Jawa Barat hanya dua klub sepak bola, yakni Persitas dan PSKC Kota Cimahi yang kini mengantongi tiket Liga 3 Nasional.

Sukses sebagai juara 3 pada kompetisi Liga 3 zona Jawa Barat yang berakhir pada akhir bulan November 2019 lalu, tim besutan Enur Nurdin ini, mampu menaklukkan permainan mantan taring Divisi 2 yang degradasi ke Divisi 3, yakni Persewangi Banyuwangi, dari dua kali permainan kandang dan tandang (home away) dalam kompetisi Liga 3 Zona Jawa, awal bulan Desember 2019.

"Kini kita sudah masuk Liga 3 Nasional, artinya berada pada 32 klub besar nasional. Ini sejarah baru. Sebuah capaian tertinggi dan prestisius, karena selama keikutsertaan di liga PSSI, baru kali ini Persitas masuk nasional. Biasanya hanya sampai tingkat Zona Jawa," kata Ketua Umum Persitas, DR. H Basuki Rahmat, M.Si, Jumat (6/12/2019).

 

Koropak.co.id - Libas Persewangi Banyuwangi, Persitas Lolos Ke Liga 3 Nasional (2)

 

Tentu saja terang Basuki, prestasi ini merupakan hasil kerja tim, mulai jajaran manajemen, pelatih, pemain dan unsur-unsur lainnya. "Saya sangat mengapresiasi semuanya termasuk kepada pemerintah. Hari ini Tasikmalaya dikenal di kancah sepak bola dan ini membanggakan. Bahkan saya menerima ribuan ucapan selamat dari teman-teman di berbagai pulau di nusantara dan ini riil," ujarnya.

Pada posisi saat ini terang Basuki, Persitas akan mengarungi kompetisi Liga 3 Nasional yang akan bergabung dengan klub-klub besar seperti Papua, Aceh, Kalimantan dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Pada tanggal 12 Desember 2019 nanti kata Basuki, kompetisi Liga 3 Nasional sebagai babak akhir untuk masuk ke Liga 2, akan dimulai. Dari 32 klub dibagi menjadi 8 grup, masing-masing 4 klub yang akan bermain setengah kompetisi home turnamen.

Nantinya, akan diambil juara dan runner-up, masuk 16 besar. "Di situ akan menggunakan sistem gugur kemudian masuk kompetisi berikutnya dengan pola home away hingga keluar 6 besar ke Liga 2. Lawan-lawan kita nantinya adalah klub-klub ternama seperti Persikota Tangerang, Persiba Bantul, Persik Kediri dan klub lainnya," paparnya.*

 

Related