Hilangkan Paradigma Negatif Tinju Melalui Gelaran Turnamen

Rabu, 26 Februari 2020 16:25 Erni Nur'aeni FokuSport

Hilangkan Paradigma Negatif Tinju Melalui Gelaran Turnamen


Koropak.co.id - Tinju merupakan salah satu bentuk olahraga beladiri yang mempertandingkan dua atlet di atas ring dengan durasi pertandingan yang telah ditentukan. Namun seiring waktu berjalan, peminat beladiri ini mulai berkurang peminatnya, termasuk di Kota Tasikmalaya.

Oleh sebab itu, digelar turnamen Laskar Langit Cup yang diikuti oleh para pelajar se-Priangan Timur pada 14-15 Februari 2020 yang bertujuan meningkatkan kembali minat olahraga tinju.

Dijumpai Koropak, Selasa (25/2/2020), Ketua Pesantren Laskar Langit Yayasan PesantreneurshiPAY (Tahfidzul Qur'an dan Entrepreneurship Pecinta Anak Yatim) dan sekaligus Ketua Pelaksana Laskar Langit Cup, Yadi Fiyana menuturkan turnamen tersebut tidak sedikitpun mendapatkan apresiasi dari pemerintah.

"Bahkan masyarakat lebih tertarik ke beladiri lainnya. Namun atlet kita terus latihan, hanya saja tanpa turnamen, menjadi kesulitan untuk ujiannya. Oleh sebab itu kita buatkan turnamen Laskar Langit Cup," kata Yadi yang akrab disapa Bang Jack.

 

Koropak.co.id - Hilangkan Paradigma Negatif Tinju Melalui Gelaran Turnamen (2)

 

Dari dahulu sampai sekarang, kata Bang Jack, paradigma buruk masyarakat terhadap tinju cukup tinggi, yang didasari pandangan negatif atas risiko yang bisa ditimbulkan dari olahraga tinju, mulai dari geger otak, hingga masa depan suram.

"Paradigma buruk ini harus kita ubah agar tinju dipandang sebelah mata. Atlet tinju berprestasi bisa masuk ke perguruan negeri. Lebih jauh lagi bisa bergabung ke TNI," kata Yadi.

Di pesantrennya, Bang Jack mengaplikasikan olahraga tinju sebagai kurikulum bukan ekstrakurikuler. Bang Jack berharap sekolah-sekolah lain bisa memiliki ekstrakurikuler tinju.

"Minimalnya di sekolah lain ada ekstrakurikuler tinju. Kami berharap pemerintah dapat mendukung turnamennya minimalnya setahun 3 kali," katanya.*

 

Baca pula : Laskar Langit Cup Upaya Jaring Atlet Tinju Berprestasi

 

Related