Sejarah Terbentuknya Bobotoh, Suporter Setia Persib Bandung

Kamis, 05 Maret 2020 18:09 Eris Kuswara Suporter

Sejarah Terbentuknya Bobotoh, Suporter Setia Persib Bandung


Koropak.co.id - Bobotoh merupakan sebutan bagi pendukung klub sepakbola Persib Bandung. Diketahui nama Bobotoh itu sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya sekelompok orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain.

Secara global, Bobotoh terbagi dalam beberapa kelompok mulai dari Viking Persib Club (VPC), Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu), La Curva Pasundan (LCP) hingga Flowers City Casuals (FCC).

Diketahui, sejak pertama klub sepakbola Persib Bandung berdiri pada tahun 1933, pendukung Persib sudah mulai muncul dan menunjukan eksistensi untuk mendukung klub sepakbola kebanggaan Jawa Barat tersebut. Kala itu pula, selain bobotoh, Bala Kurawa turut menjadi sebutan bagi pendukung Persib.

Sejarah mencatat pada media massa khusus olahraga yang diterbitkan Otto Iskadar Dinata pada tahun 1937, pendukung Persib Bandung sudah ada dan hadir memberikan dukungan dan semangatnya saat Persib Bandung berlaga di Lapangan Tegalega dan Lapangan Ciroyom, Bandung.

 

Baca : Histori Terbentuknya Suporter Bali United, Semeton Dewata

Tidak hanya itu saja, di tahun yang sama, para pendukung Persib menunjukan loyalitasnya untuk menyaksikan secara langsung ketika Persib Bandung bertandang melawan Persis Solo yang dilangsungkan di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

Sejak pertama Liga Indonesia digelar pada tahun 1994-1995 yang berubah dari era Perserikatan menjadi Liga Indonesia, Bobotoh pun mulai banyak membentuk perkumpulan seperti Balad Persib, Stone Lovers, Jurig Persib, Viking Persib Club, dan lainnya.*

 

Baca pula : Brigata Curva Cud, Suporter Fanatik Dari PSS Sleman

Related