Olahraga Panahan Tingkatkan Daya Konsentrasi

Minggu, 08 Maret 2020 11:41 Erni Nur'aeni Sport lain

Olahraga Panahan Tingkatkan Daya Konsentrasi


Koropak.co.id - Panahan merupakan salah satu olahraga statis yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan cukup menantang. Panahan juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya melatih kesabaran dan konsentrasi, karena harus membidik target dari jauh se-akurat mungkin. Hal itu pun mampu melatih daya fokus antara pikiran, emosi, serta gerak psychomotoric.

Panahan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, sebab secara tidak langsung ketika seseorang pandai memanah, cenderung akan memiliki daya tarik tersendiri. Mungkin bagi sebagian orang, olahraga memanah menjadi salah satu olahraga yang sangat menegangkan, oleh karena itu perlu orang yang mempunyai keberanian yang baik untuk berolahraga panahan tersebut.

Seperti olahraga lainnya, memanah juga membutuhkan pemanasan agar tubuh bisa lebih lentur dan kuat saat memanah. Saat menarik busur, tentunya akan mendapatkan tekanan pada kedua otot tangan, otot dada, bahu dan punggung. Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan busur dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.

 

Koropak.co.id - Olahraga Panahan Tingkatkan Daya Konsentrasi (1)

 

Baca : Sarapala Komitmen Lestarikan Seni Budaya Tradisional

Berbincang bersama Koropak, Minggu (8/3/2020) Dewan Penasehat Federasi Seni Panahan Indonesia (Fespati) Maulana Yusuf mengatakan olahraga panahan dapat melatih kefokusan serta meredam kegelisahan, meningkatkan koordinasi tangan dan mata bahkan keseimbangan.

"Saya pun mengajak orang-orang yang biasa berburu hewan untuk menyalurkan minatnya ke olahraga panahan. Tujuannya melindungi hewan sekaligus membuang paradigma buruk yang mengatakan bahwa memanah itu selalu dikaitkan dengan aksi negatif," katanya.

Oleh sebab itu, kata Maulana, agar image negatif memanah bisa berubah, sebaiknya hobi memanah disalurkan ke hal positif melalui olahraga panahan.

"Bahkan, kita pun berbadan hukum dengan fokus olahraga rekreasi," kata Maulana.*

 

Baca pula : SMK Muhammadiyah Kawali Jadi Tuan Rumah Lomba Memanah