Pacu Adrenalin Dengan Trail Run, Olahraga Seru Penuh Manfaat

Senin, 16 Maret 2020 11:47 Dede Hadiyana Sport lain

Pacu Adrenalin Dengan Trail Run, Olahraga Seru Penuh Manfaat


Koropak.co.id - Banyak jenis olahraga lari yang dapat membuat tubuh sehat dan bugar, salah satunya lari lintas alam atau biasa disebut trail running. Olahraga lari yang satu ini memiliki kelebihan menenangkan diri yang jenuh akibat rutinitas kerja sehari-hari serta membawa kita lebih rileks menghindari kebisingan dan hiruk pikuk keramaian kota.

Selain menenangkan, dengan suguhan pemandangan alam yang indah dan eksotik, trail running juga memiliki tantangan seperti lintasan hutan, bukit, gunung, sawah, padang rumput, atau padang pasir.

Masih banyak manfaat lain dari olahraga trail running seperti yang sudah Koropak rangkum ulasannya berikut ini.

1. Melatih jantung
Dengan kontur track atau jalan yang naik turun serta jauh dari kata halus, olahraga trail running ini dapat melatih jantung lebih baik. Otot-otot pada jantung secara otomatis akan bekerja lebih keras saat lari melewati medan yang menantang dan juga bervariasi. Selain itu, trail running juga diyakini mampu meningkatkan daya tahan kardiovaskular dibandingkan saat berlari di jalan raya atau pada treadmill.

 

2. Perkuat otot kaki
Selama berlari di medan yang menantang dan bervariasi, banyak rintangan yang harus dilalui seperti akar pohon yang muncul dipermukaan tanah dan bebatuan yang mencuat. Rintangan ini membuat kita harus mempertahankan kestabilan tubuh, sehingga setiap jalur menantang yang dilewati akan memperkuat oto-otot pada kaki

 

3. Perkuat jaringan persendian
Tubuh akan ikut beradaptasi di setiap langkah pada saat lari, apalagi trail running akan melintasi berbagai jenis medan. Maka ligamen dan tendon di sekitar sendi pergelangan kaki, lutut, dan pinggul, akan semakin kuat mengikuti irama lari yang terarah bersama rintangan yang dilalui. Semakin sering berlari maka semakin berkurang juga kemungkinan risiko cidera yang dialami.

 

4. Buat paru-paru lebih sehat
Olahraga lari merupakan olahraga paling mudah dimana membuat tubuh menjadi sehat, namun jika terlalu sering juga bisa menimbulkan masalah yang lebih serius apabila berlari di area yang banyak terpapar polusi. Pada saat berlari di alam bebas yang banyak dikelilingi pepohonan, aktivitas lari pun akan lebih segar dengan udara yang lebih bersih untuk dihirup ditambah pemandangan yang menyejukkan mata.

 

5. Melatih konsentrasi
Manfaat lain dari trail running yakni dapat melatih konsentrasi otak dimana medan dan rintangan yang harus dilewati akan sangat menguras tenaga. Sebelum melakukan aktivitas ini biasanya diberikan terlebih dahulu pembekalan menyiapkan mental untuk menghadapi medan yang akan memacu adrenalin. Secara tidak langsung, trail running akan melatih konsentrasi otak agar tetap fokus menghadapi rintangan selama perjalanan.*