Juara Dunia MotoGP 2020, Joan Mir Tolak Pakai Nomor 1 di MotoGP 2021

Jum'at, 19 Februari 2021 07:05 Eris Kuswara Speed

Juara Dunia MotoGP 2020, Joan Mir Tolak Pakai Nomor 1 di MotoGP 2021


Koropak.co.id - Juara dunia MotoGP Tahun 2020, Joan Mir secara resmi telah mengonfirmasi bahwa dirinya akan terus balapan dengan nomor 36 di tim Suzuki GSX-RR pada MotoGP Musim 2021. Artinya, dia pun tidak menggunakan haknya sebagai juara dunia untuk menggunakan nomor 1 pada sepeda motor tunggangannya.

"Nomornya akan sama seperti biasanya, saya setia dengan nomor 36. Saya pikir akan sangat luar biasa menggunakan nomor 1, karena itu pengalaman unik dan mimpi. Tapi saya tidak mau melepaskan begitu saja angka yang telah saya pakai sejak meniti karir hingga berhasil mendapatkan gelar juara dunia MotoGP dan Moto3," kata Mir sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (19/2/2021).

Selain itu, diketahui Joan Mir juga enggan membantah penolakan untuk menggunakan nomor 1 itu dikarenakan dia tidak yakin untuk bisa kembali menjadi yang teratas di musim 2021. Sehingga, dia pun memuturkan untuk tetap dengan nomor 36 yang mewakili kerja keras dan dinilai paling cocok dengannya.

 

Baca : Alex Marquez Sangat Nantikan Balapan MotoGP Indonesia 2021

Tercatat, Mir memang bukan satu-satunya juara dunia MotoGP yang tidak mau menggunakan nomor 1 sebagai status juara bertahan. Sebelumnya, ada nama Marc Marquez dengan nomor 93 dan Valentino Rossi dengan nomor 46 yang tetap setia menggunakan nomor tersebut meskipun kedua pembalap tersebut telah menyabet gelar juara dunia beberapa kali.

Sementara itu, juara MotoGP terakhir yang menggunakan haknya dengan memakai nomor 1 adalah Casey Stoner bersama Repsol Honda pada MotoGP tahun 2012. Sementara itu, dari tim Suzuki sendiri, pembalap terakhir yang pernah menggunakan nomor tersebut adalah Kenny Roberts Jr pada tahun 2001.

Tim Suzuki sendiri juga tidak memaksakan keputusan Joan Mir tersebut. Justru mereka juga masih optimis bisa mendapatkan hak untuk menggunakan nomor satu lagi di MotoGP Musim 2021.

"Saya senang melihat plat nomor 1 di Valencia tahun lalu saat Mir memenangkan gelar juara dan bagi saya itu sudah cukup. Tapi, jika Joan memilih plat nomor 1 tahun ini, tentu saya juga akan merasa senang. Tentunya ini tidak mudah, namun kami akan mencoba untuk mendapatkan plat nomor satu itu lagi di tahun ini. Jadi, berapa pun angka yang kami gunakan selama musim ini, itu tidak penting bagi saya," ujar Suzuki MotoGP Project Manager, Shinichi Sahara.*

 

Baca pula : Tim MotoGP Indonesia Resmi Dapatkan Partner Berlaga di Kelas Moto2 Tahun 2021