Pertamina Mandalika SAG Racing Team Resmi Perkenalkan Motor Balapnya

Kamis, 25 Februari 2021 17:40 Eris Kuswara Speed

Pertamina Mandalika SAG Racing Team Resmi Perkenalkan Motor Balapnya


Koropak.co.id - Pertamina Mandalika SAG Racing Team sebagai tim balap dari Indonesia yang akan berlaga di kejuaraan dunia secara resmi meluncurkan motor balapnya untuk Moto2 musim 2021. Diketahui, motor Moto 2 Pertamina Mandalika SAG Racing Team tersebut hadir dengan nuansa khas Indonesia. Jika dilihat secara tampilan, motor balap ini memiliki livery dengan sentuhan corak batik.

Selain itu, livery dari motor Pertamina Mandalika SAG Racing tersebut didominasi warna biru, putih serta merah yang menghiasi body motor. Sementara untuk corak batiknya sendiri terlihat pada sisi samping motor yang menambah ciri khas budaya Indonesia. Motor Moto2 dari Pertamina Mandalika SAG Racing Team ini nantinya akan dipacu oleh Bo Bendsneyder yang ternyata kakek dan neneknya berdarah Indonesia serta Thomas Luthi.

 

Baca : Tim MotoGP Indonesia Resmi Dapat Partner Berlaga di Kelas Moto2 Tahun 2021

Seperti yang diketahui bahwa balapan Moto2 memiliki pemasok mesin tunggal, dan semua motor Moto2 akan menggendong mesin Triumph berkapasitas 765 cc. Mesin tersebut diambil dari basis motor produksi massal Triumph, seperti Triumph Street Triple. Tercatat, mesin berkonfigurasi tiga silinder 765 cc untuk motor Moto2 tersebut mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 140 daya kuda pada 14.000 rpm.

Mesin itu juga mampu membawa motor Moto2 melesat hingga kecepatan lebih dari 300 kilometer per jam yang telah dicapai Nicolo Bulega di Mugello. Sementara untuk sasisnya, Pertamina Mandalika SAG Racing Team akan menggunakan motor dengan sasis Kalex yang menjadi pilihan dominan di beberapa tim Moto2 musim 2021.

Sasis motor Moto2 Kalex ini diketahui memiliki bobot yang lebih ringan yakni 15,5 persen, sehingga kini bobot sasis Kalex tersebuthanya 7,28 kilogram. Kalex juga mengklaim bahwa merekatelah mengembangkan sasis untuk Moto2 dengan perhitungan, analisis, kalkulasi dan desain yang tidak terhitung jumlahnya. Sasis ini sendiri didesain untuk keseimbangan pengereman, kelincahan, menikung, hingga keluar dari tikungan.*

 

Baca pula : Sirkuit Mandalika di Indonesia Masuk Jadwal Balapan MotoGP Tahun 2021