Kompetisi Indonesia Basket League 2021 Akan Digelar Dalam Dua Fase

Jum'at, 26 Februari 2021 18:46 Eris Kuswara Basket

Kompetisi Indonesia Basket League 2021 Akan Digelar Dalam Dua Fase

 

 

Koropak.co.id – Diketahui bahwa pelaksanaan kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) Musim 2021 akan berlangsung dalam dua fase. Tercatat, untuk tahap pertama kompetisi akan dilaksanakan di Cisarua Bogor, kemudian tahap kedua akan dilaksanakan di Jakarta.

Direktur IBL, Junas Miradiarsyah mengatakan, keputusan untuk menggelar kompetisi menjadi dua fase itu dilakukan untuk mengurangi risiko kejenuhan pada para pemain. Karena, seperti yang diketahui bahwa kompetisi basket biasanya digelar dalam beberapa seri di sejumlah kota. Akan tetapi, dikarenakan adanya pandemi Covid-19, operator pun terpaksa harus mencari cara agar membuat liga tetap jalan namun tetap memenuhi protokol kesehatan yang ketat.

"Rencananya penyelenggaraan IBL ini akan tetap menggunakan sistem bubble yang terpusat di satu lokasi. Sehingga, untuk semua pihak yang terlibat pun tidak keluar-masuk. Selanjutnya untuk area penyelenggaraan fase satu digelar di area Cisarua, kabupaten Bogor dan fase kedua di Mahaka Arena Kelapa Gading,” kata Junas sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (26/2/2021).

 

Baca : Pemusatan Latihan Timnas Basket Indonesia Digelar Mulai 17 Agustus 2020

 

Pihaknya mengklaim bahwa keputusan tersebut bukan permintaan siapapun, tetapi hal itu memang Mereka rancang sejak IBL akan bergulir pada 15 Januari 2021 lalu. Ia juga mengatakan jika sebelum pandemi kompetisi digelar di beberapa seri kota, namun kini pihaknya membuat sistem bubble. Selain itu, pihaknya juga tidak ingin jika setiap seri digabungkan semua dalam satu tempat, maka pemain bisa jenuh.

“Kita tidak ingin membuat pemain jenuh, makanya kita bagi dengan sistem fase. Meskipun di tempatnya juga kita sudah siapkan tempat untuk refreshing. Dalam prosesnya nanti, fase pertama untul seri 1 sampai 4 akan dimulai 10 Maret hingga 10 April 2021. Sedangkan fase kedua atau playoff, semifinal dan final mulai 23 Mei sampai 6 Juni 2021 mendatang,” ucapnya.

Ia menambahkan, jadwal yang sudah diatur tersebut sudah dipotong dengan libur puasa atau Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Sehingga, nantinya pemain akan masuk kembali di H-2. Selain itu, untuk menuju hal itu juga para pemain, oficial dan pendukung klub akan melakukan tiga kali tes swab. Tercatat H-7, tes pertama dan kedua akan dilakukan masing-masing klub. Setelah itu mereka berangkat dan tiba di lokasi akan tes PCR Kembali.

“Untuk batas jumlah orang yang ada di lokasi pertandingan, kita akan membaginya menjadi tiga ring. Ring pertama dibatasi 50 orang yang terdiri dari dua tim. Sementara untuk ring 2 berjumlah 35 orang seperti kameramen dan fotografer. Sedangkan untuk ring terakhir berada di luar gedung pelaksanaan seperti broadcasting dan keamanan,” ujarnya.*

 

Baca pula : NBA Berduka, Sang Legenda Kobe Bryant Meninggal Dunia