Tuntut Keadilan Bagi Tim Indonesia, Netizen Serbu Akun Media Sosial BWF

Jum'at, 19 Maret 2021 14:45 Rizky Raket

Tuntut Keadilan Bagi Tim Indonesia, Netizen Serbu Akun Media Sosial BWF

 

 

Koropak.co.id - Buntut dari Tim Indonesia yang dipaksa mundur dari ajang All England 2021 membuat netizen Tanah Air murka dan langsung menyerbu akun media sosial BWF untuk menuntut keadilan. Tercatat, semua perwakilan Indonesia baik yang sudah maupun yang belum bertanding diminta untuk mundur dari turnamen karena kasus virus Corona atau Covid-19.

Meskipun begitu, kasus itu sendiri bukan muncul dari tim Indonesia, melainkan ada orang lain yang dinyatakan positif Covid-19 saat satu penerbangan dari Istanbul ke Birmingham. Diketahui, hal tersebut diungkapkan oleh pemerintah Inggris dan menyampaikannya melalui email. Imbasnya, beberapa atlet bulutangkis Indonesia pun sudah menyuarakan protesnya ke BWF lewat media sosial dan menuntut keadilan dan pertanggungjawaban dari BWF.

Selain itu, terkait dengan situasi pandemi, sangat tampak sekali perbedaan nasib Indonesia dengan Denmark, Thailand, dan India. Pasalnya, menjelang dimulainya All England 2021 di Birmingham, Inggris juga ada pengumuman mengenai temuan kasus positif Covid-19 di tim India, Denmark, dan Thailand. Namun dalam prosesnya, para pebulutangkis dari ketiga negara tersebut dinyatakan telah negatif dan bisa bermain.

Sementara itu, tim Indonesia sekalipun telah divaksinasi Covid-19 sebelum berangkat ke All England serta menjalani swab tes PCR dengan hasil negatif, namun setibanya di Hotel Crowne Plaza Birmingham City Centre, kabar buruk yang datang setelah beberapa wakil Merah Putih turun bertanding akibat dari pengumuman adanya temuan kasus positif Covid-19 di pesawat yang ditumpangi tim bulutangkis Indonesia, dari Istanbul ke Birmingham.

 

Baca : Heboh, Seluruh Perwakilan Indonesia Dikeluarkan dalam Ajang All England 2021

 

Perbedaan ini jugalah yang kemudian menjadi sorotan. Menariknya lagi, pebulutangkis asal Turki yang saat itu berada satu pesawat dengan Tim Indonesia masih diizinkan bertanding di All England 2021. Sehingga hal itulah yang membuat netizen bahkan hingga beberapa tokoh di Indonesia mempertanyakan keputusan yang diambil BWF yang seolah dengan sengaja mendepak Indonesia dari turnamen.

Netizen Indonesia pun turut mengikuti dengan langsung menyerbu akun Instagram BWF untuk menuntut keadilan. Bahkan netizen di Twitter juga turut melancarkan protesnya dengan hastag #BWFMustBeResponsible dan sempat memuncaki trending topik.

"JUSTICE FOR INDONESIA TEAM PLEASE!!!!!!!!!!," tulis akun @mznti.alma dalam unggahan foto Yuta Watanabe di akun BWF.

"Ketika covid dijadikan ajang untuk mempermudah tuan rumah maraih banyak gelar di turnamen yg katanya bergengsi. turnamen bulutangkis tertua telah diciderai oleh aksi aneh dong tameng covid. All England 2021 sampah," tulis akun Twitter @thenmustbroto.

Dalam keterangan resminya, BWF pun pada akhirnya buka suara dan mengungkapkan alasan penyingkiran seluruh wakil Indonesia dari All England 2021 dengan menyebutkan bahwa rombongan tim Merah Putih telah terpapar Covid-19 dan diwajibkan untuk isolasi diri oleh Pemerintah Inggris.

"Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dan Badminton Inggris dapat mengonfirmasi bahwa sejumlah pemain dan anggota tim dari Indonesia telah dihubungi oleh layanan Tes dan Penelusuran National Health Service (NHS) Pemerintah Inggris dan diharuskan untuk mengisolasi diri dengan segera," tulis BWF di situs resminya, sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (19/3/2021).*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini