Menpora RI Pantau Perkembangan Kejadian Tim Indonesia di All England 2021

Sabtu, 20 Maret 2021 15:45 Eris Kuswara Raket

Menpora RI Pantau Perkembangan Kejadian Tim Indonesia di All England 2021


Koropak.co.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mengatakan bahwa Presiden RI Ir HJoko Widodo atau Jokowi saat ini tengah memantau langsung perkembangan kejadian yang menimpa tim bulutangkis Indonesia pada ajang All England Open 2021 yang digelar di Birmingham, Inggris dan membuat heboh publik tanah air.

“Kejadian ini sudah dimonitor langsung oleh Bapak Presiden. Tentunya kami juga turut menyampaikan informasi ini juga ke Ibu Menlu dan juga stakeholder lainnya yang juga turut melaporkannya kepada Presiden,” ujar Menpora dalam keterangan persnya di laman Setkab.go.id, sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (20/3/2021).

Sebelumnya diketahui, panitia penyelenggara All England memaksa tim bulutangkis Indonesia untuk mundur dari turnamen bergengsi tersebut. Tim Indonesia sendiri dipaksa mundur dengan alasan dikarenakan pada saat penerbangan dari Istanbul ke Birmingham pada Sabtu (13/3/2021) lalu terdapat salah satu penumpang pesawat yang dinyatakan positif Covid-19. Namun, disinyakir bahwa perlakuan diskriminatif diterima oleh tim Indonesia.

“Hasil test PCR sebelum pertandingan juga menunjukkan bahwa semua pemain bulutangkis Indonesia sehat walafiat. Sementara itu, tim dari tiga negara lain yang jelas-jelas hasil tesnya positif malah diberi keistimewaan untuk dilakukan tes ulang dan ternyata hasil tes ulangnya negatif. Terkait kejadian ini, pak Presiden pun telah menginstruksikan semua pihak untuk melakukan langkah cepat dan terbaik terutama bagi tim bulutangkis Indonesia yang saat ini tengah dikarantina di Inggris," ucapnya.

 

Baca : Heboh, Seluruh Perwakilan Indonesia Dikeluarkan dalam Ajang All England 2021

Ia menambahkan, Presiden meminta kepada Kemenpora dan Kementerian Luar Negeri untuk melakukan langkah-langkah yang cepat dan terbaik terutama untuk menyelamatkan atlet yang masih berada disana. Disisi yang lain, tentunya Presiden juga meminta agar perlakukan-perlakuan yang tidak baik kepada tim Indonesia ini untuk tidak didiamkan dan harus tetap dipersoalkan dengan melewati berbagai jalur yang sudah ditentukan.

"Sebagaimana yang saya sudah sampaikan, pemerintah Indonesia sangat menyayangkan kejadian ini dan merasa prihatin. Bahkan pemerintah juga lebih tegas lagi dengan mengecam kejadian ini. Selain itu, sikap kita masih sama yakni meminta klarifikasi dan penjelasan secara transparan serta perlakuan yang fair atau adil atas apa yang dialami oleh tim bulutangkis Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Kementerian Luar Negeri melalui Duta Besar RI untuk Perserikatan Kerajaan Britania Raya, Desra Percaya juga telah melayangkan surat kepada Presiden Federasi Internasional Bulu Tangkis atau Badminton World Federation (BWF) dan Chief Executive of Badminton England yang menyatakan kekecewaan Indonesia terhadap penarikan serta ketidakadilan yang dialami oleh tim Indonesia di ajang All England.

“Tentunya kita sebagai warga negara terlukai, anak-anak kita disana terkurung tanpa kejelasan. Tetapi untuk upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Ibu Menteri Luar Negeri juga sudah sangat luar biasa. Bahkan Duta Besar kita yang ada disana juga bekerja luar biasa dengan menyuplai makanan setiap saat, hanya saja memang mereka tidak bisa ditemui,” tuturnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related