Sirkuit Mandalika Terancam Mundur dan Tak Digunakan Pada MotoGP 2021

Kamis, 08 April 2021 12:09 Eris Kuswara Speed

Sirkuit Mandalika Terancam Mundur dan Tak Digunakan Pada MotoGP 2021

 

 

Koropak.co.id - Dikabarkan bahwa penggunaan Sirkuit Mandalika, Lombok untuk ajang MotoGP pada Oktober 2021 mendatang terancam mundur ke awal tahun 2022 mendatang. Wacana tersebut turut dibenarkan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo di Bandara Halim Perdanakusuma pada Rabu, (7/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Bambang mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia menjadi bahan pertimbangan untuk memutuskan pergelaran MotoGP di Indonesia tahun ini,"Sebenarnya ini bukan tergantung Dorna, akan tetapi ini tergantung situasi dan kondisi Indonesia terkait pandemi Covid-19. Sehingga jika pemerintah memandang bisa menyelenggarakan MotoGP, maka kami akan lakukan,” kata Bambang.

Ia menambahkan, selain itu, apabila ada pertimbangan lain, maka pihaknya juga akan menghitungnya. Selain itu juga, seluruh dunia saat ini sedang menerapkan lockdown akibat pandemi,"Pemerintah sendiri mengalkulasi apakah ada kemungkinan klaster baru atau tidak di Lombok. Kalau ada kemungkinan klaster baru, maka lebih baik menundanya saja,” ujarnya.

 

Baca : Sirkuit Mandalika di Indonesia Masuk Jadwal Balapan MotoGP Tahun 2021

 

Pihaknya juga menuturkan, terkait dengan kemungkinan penundaan, dia menilai bahwa MotoGP masih bisa bergulir di Sirkuit Mandalika minimal pada awal tahun 2022 mendatang. Meskipun begitu, IMI dan pihak-pihak terkait lainnya hingga saat ini belum memberi keputusan pasti dikarenakan masih melihat perkembangan situasi.

Diketahui, Sirkuit Mandalika sendiri memiliki panjang 4,3 kilometer dan sudah rampung 70 persen. Sementara itu untuk targetnya, satu-satunya lintasan balap di Lombok itu bisa selesai 100 persen pada Juni 2021 mendatang. Selanjutnya, pihak Dorna Sport sendiri akan melakukan persiapan akhir atau proses homologasi pada Juli 2021.

Saat ini, perwakilan Dorna Sport bersama Federasi Motor Internasional (FIM) tengah mengecek langsung kualitas aspal di Sirkuit Mandalika. Bahkan, Direktur Carlos Ezpeleta, Safety Advisor Loris Capirossi dan Safety Officer FIM Franco Uncini sebagai perwakilan Dorna Sport dan FIM sudah terbang ke Lombok pada Rabu (7/4/2021).World Superbike Championship

Disana, mereka akan memantau perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika bersama Bambang Soesatyo. Selain perhelatan MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi tempat  (WSBK) yang rencananya akan berlangsung pada 13 hingga 14 November 2021 mendatang.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related