PSSI Putuskan Liga 1 dan 2 Tahun 2021 Ada Promosi dan Degradasi

Minggu, 30 Mei 2021 07:09 Dede Hadiyana Sepakbola

PSSI Putuskan Liga 1 dan 2 Tahun 2021 Ada Promosi dan Degradasi

 

Koropak.co.id - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada akhirnya memutuskan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 akan menerapkan sistem promosi dan degradasi. Keputusan PSSI itu pun disambut dengan lega oleh Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Dengan demikian,
wacana meniadakan degradasi pun pada akhirnya batal terlaksana.

Diketahui, sistem promosi dan degradasi itu sendiri merupakan semangat dari kompetisi sepakbola profesional. Sehingga, setiap klub pun tentunya akan tampil menunjukkan kualitas yang terbaiknya agar tidak turun kasta.

"Kalau liga tidak ada dua hal itu, barulah itu yang menjadi berita. Hal yang bagusnya, saya berharap semua pihak di sepakbola Indonesia untuk tidak mengubah beberapa hal. Karena memang hanya segelintir orang saja yang menginginkannya berubah. Tentunya ini harus tetap profesional agar kita bisa berkembang dengan rencana konkrit," kata Robert dalam jumpa pers yang diadakan secara virtual sebagaimana dihimpun Koropak.

 

Baca : Kapolri Listyo Sigit Resmi Mengeluarkan Izin Piala Menpora 2021

Diketahui juga bahwa wacana penghapusan degradasi Liga 1 dan Liga 2 2021 ini sempat mengemuka dari sejumlah klub, disebutkan setidaknya ada 13 klub yang menginginkan hal itu dilaksanakan dikarenakan alasan pandemi. Namun, setelah menuai polemik, PSSI pada akhirnya membatalkan wacana tersebut jelang Kongres PSSI.

"Karena kalau selalu berubah rencana, itu tidak akan berjalan lurus. Sebab, promosi dan degradasi itu juga tidak untuk didiskusikan dikarenakan itu sudah menjadi semangat dari olahraga ini. Sehingga nantinya semua orang akan menunjukkan yang terbaik agar tidak terdegradasi. Akan tetapi ketika itu berubah, maka semua orang akan kecewa dan tidak ada yang menganggapnya sebagai hal serius," ucapnya.

Diketahui sebelumnya, federasi dengan mantap menetapkan hal ini dalam rapat Emergency Komite Eksekutif (Exco) Meeting yang dilaksanakan pada Selasa (25/5/2021). Selain itu, keputusan ini juga diambil setelah PSSI berkonsultasi dengan AFC dan FIFA,"Dalam diskusi dengan semua Exco PSSI, pada akhirnya kami memutuskan Liga 1 dan 2 musim kompetisi 2021-2022 tetap ada promosi dan degradasi," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam rilis federasi.

Selain itu, PSSI juga nantinya akan mengirimkan surat kepada klub yang sempat meminta Liga 1 dan Liga 2 tanpa degradasi,"Sekjen PSSI, Yunus Nusi telah saya perintahkan untuk membalas surat-surat permohonan dari klub-klub Liga 1 dan 2 yang berisi permohonan kompetisi tanpa degradasi dengan isi surat menjelaskan hasil diskusi ketat Exco PSSI dan konsultasi dengan FIFA/AFC. Diketahui, keputusan PSSI ini sudah final," ujarnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related