Pengcab PGPI Ciamis Gelar Uji Coba Venue Paralayang di Bukit Bihbul

Selasa, 24 Agustus 2021 07:21 Eris Kuswara FokuSport

Pengcab PGPI Ciamis Gelar Uji Coba Venue Paralayang di Bukit Bihbul

 

Koropak.co.id - Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Gantolle dan Paralayangan Indonesia (PGPI) Kabupaten Ciamis menggelar uji coba venue yang dilaksanakan di Bukit Bihbul Desa Medanglayang Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, Minggu (22/8/2021). Diketahui, kegiatan uji coba venue tersebut dihadiri Kepala Desa Medanglayang, Kasi Baseops sekaligus Kabinpotdirga Lanud Wiriadinata, Instruktur Paralayang sekaligus Pelatih Atlet Paralayang Jawa Barat serta para atlet paralayang dari Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Bogor.

Instruktur Paralayang sekaligus Pelatih Atlet Paralayang Jawa Barat, Nanang Sunarya mengatakan, untuk venue di Bukit Bihbul Kabupaten Ciamis sendiri hanya tinggal perapihan saja dan angin disana sepanjang tahun selalu didepan. Selain itu kegiatan uji coba venue di Bukit Bihbul dilaksanakan setelah pihaknya melakukan 6 kali survey di lokasi tersebut.

"Selama survey, kami melihat beberapa aspek kondisi seperti angin dan kontur bukit. Setelah dilakukan survey dan uji coba, tentunya Bukit Bihbul ini nantinya akan dijadikan venue baru serta venue babak kualifikasi Porda serta Porda jika seandainya lolos dalam babak tersebut. Selain itu, nantinya pihak pemerintah juga akan melakukan pengecekan langsung ke lokasi tersebut. Untuk tahapan selanjutnya dari venue Bukit Bihbul sendiri hanya tinggal dilakukan pembenahan dan perapihan kembali agar lebih aman untuk para penerbang paralayang." kata Nanang saat dikonfirmasi Koropak, Senin (23/8/2021).

Pengurus Pengcab PGPI Kabupaten Ciamis, Yudi Kadarusman menjelaskan, dikarenakan Bukit Bihbul tersebut merupakan bukit yang baru dibuka, sehingga saat ini masih dalam tahap pendekatan sosial kepada masyarakat, pemerintah dan juga pemerintah desa setempat. "Karena Bukit Bihbul ini dimiliki oleh Yayasan, maka kami saat ini masih melakukan tahapan pendekatan sosial terlebih dahulu. Mungkin secara lisan semuanya sudah oke, bahkan pemerintah desa dan masyarakat juga sudah menyambut baik serta memperbolehkan penggunaan Bukit Bihbul. Meskipun begitu secara administrasi, kami juga tengah menyiapkan surat-suratnya," ucap Yudi.

 

Baca : Peringati HUT RI Ke-76, Sang Saka Merah Putih Berkibar di Langit Gunung Galunggung

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Toto Rismanto menuturkan, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah atlet untuk cabang olahraga (cabor) baru yakni Paralayang di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) mendatang. Kemudian disamping redasinya ke prestasi, pihaknya juga melihat bahwa paralayang merupakan salah satu view atau atraksi yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Ciamis.

"Makanya sangat tepat apabila Bupati Ciamis menunjuk Kepala Dinas Pariwisata untuk menjadi bapak angkat, jadi itu untuk follow up kedepan disamping upaya untuk membina para atlet agar bisa mendapatkan prestasi yang lebih demi memenuhi target kejuaraan. Kedepan juga kita akan jadikan itu sebagai salah satu atraksi wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan," tutur Toto saat dihubungi Koropak via telepon.

Ia menambahkan, pihaknya juga turut mengupayakan agar venue Bukit Bihbul ini bisa sejajar dengan destinasi lain, terutama juga terkait profesionalisme pilot agar wisatawan yang menyaksikan atraksi wisata paralayang bisa nyaman. Sementara itu, menjelang Porprov Kabupatan Ciamis juga sudah memiliki 2 atlet paralayang nasional ditambah lagi dengan hasil seleksi kemarin. Jadi pada intinya, Kabupaten Ciamis ingin terdepan di cabang olahraga paralayang.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related