Inilah Peraturan Basket yang Harus Kamu Tau

Senin, 06 September 2021 14:37 Rizky Basket

Inilah Peraturan Basket yang Harus Kamu Tau

 

Koropak.co.id - Bola basket merupakan olahraga yang cukup populer di seluruh dunia. Permainan bola bundar dengan tangan ini pertama kali dikenalkan James Naismith pada tahun 1 Desember 1891.

Peraturan dalam olah raga ini dibuat secara sah oleh Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Jadi, semua hal terkait basket ini dibuat agar sportivitas tetap terjaga.

Pada dasarnya, dalam setiap permainan punya aturan. Begitu juga basket. Lalu apa saja peraturan tersebut?

Berikut adalah peraturan dasar dalam permainan bola basket :

1. Aturan 3 Detik

Peraturan ini ditujukan untuk pemain dengan tujuan, yaitu seorang pemain tidak diperbolehkan berada di tempat terlarang di pihak lawan melebihi waktu tiga detik sedang bola dalam kontrol regunya. Nah, kalo hal ini kamu lakukan, hukumannya berupa lemparan kedalam bagi regu lawan.

2. Aturan Waktu Bola Basket

Dalam pertandingan bola basket dibagi jadi 2 babak. Durasi bermainnya 20 menit untuk masing-masing babak, kemudian di susul dengan sesi istirahat.

Namun akhir-akhir ini durasi pertandingan sedikit berubah, yakni menjadi 2 babak selama 10 sampai 12 menit. Pada setiap babaknya diberi jeda buat istirahat.

 

Baca : Kalahkan Pelita Jaya, Satria Muda Pertamina Juara IBL 2021

3. Aturan Saat Mencetak Angka

Saat permainan berjalan, ketika bola di luncurkan ke dalam ring, kamu dapat poin satu sampai tiga. Point ini tergantung tempat penembakannya. Istilahnya shooting ya.

Nah, saat shooting ini akan menghasilkan 1 angka yang berasal dari garis hukuman. Lalu, dua point yang kamu peroleh berasal dari lingkaran tiga angka. Dan yang bernilai tiga poin didapat saat berhasil shoot bola ke ring dari luar garis three point.

4. Aturan Jump Ball

Jump Ball yaitu pada saat wasit melemparkan bola ke udara, pemain yang mewakili timnya saat berhadapan akan menjangkau bola atau melempar ke arah tim. Tak-tik ini digunakan untuk memulai kembali pertandingan apabila kedua tim sama-sama menguasai atau mempertahankan bola.

5. Aturan Pemain basket

Setiap tim berjumlah sekitar 5 sampai 10 pemain. Namun, hanya 5 orang yang boleh bermain. Sisanya menunggu di samping lapangan sebagai cadangan. Kelima player ini menempati posisi guard, centre dan forward.

Untuk mendapat di posisi pemain kamu harus memiliki keahlian cepat dan tepat dalam melakukan gerakan mengoper bola. Tugas lainnya adalah bermanuver ke area lawan dan mencetak poin.

6. Peraturan wasit

peraturan ini gunakan pada saat pertandingan resmi . 2 wasit yang sering di kenal dengan referee dan umpire masing-masing dari mereka dibebani tugas

Keputuasan wasit adalah hal yang mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Sehingga apabila terdapat tim yang protes akan dikenakan denda berupa membayar uang dengan jumlah yang sudah disepakati sebelum pertandingan berlangsung.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini