Liga 1 dan 2, Kehadiran Penonton di Stadion Sedang Digodok

Selasa, 28 September 2021 16:21 Eris Kuswara FokuSport

Liga 1 dan 2, Kehadiran Penonton di Stadion Sedang Digodok

 

Koropak.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, baru-baru ini sudah meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mengkaji aturan menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dengan penonton.

Terbaru, PSSI sudah menggelar rapat koordinasi bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang dilaksanakan hari ini, Selasa (28/9/2021).

Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka membahas penyelenggaraan Liga 2 tahun 2021 di luar Jawa-Bali. Sementara saat ini, pertandingan yang melibatkan grup di luar Jawa-Bali belum diumumkan jadwalnya.

Seperti yang diketahui, Liga 2 tahun 2021 akan menerapkan format yang berbeda dengan penyelenggaraan kompetisi di masa sebelumnya. Jika pada biasanya Liga 2 dibagi ke dalam dua wilayah, yakni Barat dan Timur, untuk musim ini Liga 2 akan digelar dalam format empat grup dan empat tuan rumah.

Tercatat, sebanyak 24 tim Liga 2 dipencar ke enam daerah yakni Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Palangkaraya, Jakarta, dan Solo. Kemudian untuk pelaksanaan Liga 2 2021 sendiri menerapkan protokol kesehatan yang sama persis dengan Liga 1 Musim 2021/2022.

 

Baca : Liga 2 Bakal Berlangsung Dinamis dan Fleksibel, Ini Jadwalnya

Selain itu, semua pihak yang terlibat dalam jalannya pertandingan, baik itu pemain, official, panitia penyelenggara, hingga media juga harus melakukan tes PCR dan antigen sebelum masuk ke area stadion.

Selanjutnya, semua pihak yang terlibat juga wajib sudah mendapatkan dua suntikan vaksin sebelum diizinkan untuk mengikuti kegiatan. Tidak hanya itu saja, kompetisi Liga 2 2021 ini juga akan digelar tanpa penonton, sama seperti pelaksanaan Liga 1 2021.

Meskipun demikian, Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memberikan satu kabar baik dan dia juga mengaku sudah memberi instruksi pada PSSI dan Kemenpora untuk mengkaji kemungkinan mengizinkan penonton untuk datang ke stadion.

Bahkan, Airlangga sudah meminta PSSI dan Kemenpora untuk menyiapkan pertandingan-pertandingan prototipe yang bisa dihadiri penonton.

"Jadi tadi saya sampaikan kepada Pak Menpora dan Ketua Umum PSSI untuk bisa dikaji lagi untuk kemungkinan penyelenggaraan pertandingan dalam jumlah prototipe yang kecil," ungkap Airlangga Hartarto dalam konferensi pers sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa (28/9).

Ia menambahkan, untuk sekarang penyelenggaraan kompetisi masih full tanpa penonton.

"Nanti sambil berjalan akan diuji, dites dan dievaluasi. Termasuk nanti juga kami akan mengevaluasi penyelenggaraan PON Papua. Kita lihat efek ke depannya seperti apa karena Liga 2 ini akan bergulir sampai Desember 2021," pungkasnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related