Kisah Atlet Muaythai Asal Kupang Peraih Emas, Pulang Dengan Mobil Pick Up

Kamis, 07 Oktober 2021 14:46 Cepy RN FokuSport

Kisah Atlet Muaythai Asal Kupang Peraih Emas, Pulang Dengan Mobil Pick Up

 

Koropak.co.id - Kisah miris ini terjadi pada seorang atlet peraih mendali emas cabang olahraga (Cabor) Muaythai pada perhelatan PON XX Papua 2021 asal kontingen Nusa Tenggara Timur (NTT). Sang atlet mencuri perhatian netizen karena dijemput memakai mobil Pick Up.

Susanti Ndapathaka namanya. Ia sudah memberikan kontribusi besar terhadap daerahnya, NTT. Cabor Muaythai yang dia ikuti dalam PON XX Papua itu membuahkan prestasi. Susanti mempersembahkan medali emas.

Susanti viral setelah dia pulang. Sebabnya, saat dia dijemput di Bandara El Tari Kupang menggunakan mobil pick up. Terlihat dari foto yang viral di media sosial, mobil pick up itu berwarna hitam dan sudah usang.

Pemandangannya kontras. Atlet itu memakai jaket biru dan masker, duduk lesehan di atas mobil tanpa atap. Di sampingnya, tampak seorang pelatih memakai kalungan bunga, bercelana pendek dan memakai sandal jepit. Selain dua orang itu, tampak lagi dua orang sedang berpegangan pada kayu yang merupakan pelengkap keamanan bagian belakang mobil pick up tersebut.

Sebagian netizen menilai mobil pick up itu tidak layak. Dan kabarnya, menurut perbincangan warga Twitter, penjemputan atlet dan official itu berdasarkan hasil swadaya.

Apa yang sebenarnya terjadi?

 

Baca : PON XX Papua, Kang Emil: Ayo Jabar Mari Kita Gaskeun!

Rupanya, kejadian itu bukan memperlihatkan ketidakberdayaan Pemprov NTT yang tidak hadir saat atlet yang prestatif itu pulang. Kepulangan Susanti yang menggunakan pick up itu kabarnya berdasarkan keinginan dari atlet sendiri. Karena dia akan pulang menuju kampung halamannya.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi angkat bicara. Kata Wagub, penjemputan resmi seluruh atlet yang berlaga di PON XX Papua akan dilakukan pada tanggal 17 Oktober mendatang.

"Secara resmi tanggal 17 Oktober. Kita sudah pertemuan di sana bahwa bagi atlet-atlet yang pulang lebih dulu, silahkan koordinasi dengan Cabor masing-masing," ungkap Wagub NTT, Kamis, 7 Okober 2021.

Josef menambahkan, saat kemarin Susanti pulang bersama pelatihnya Angga Silitonga. Josef pun menelepon Kadispora NTT untuk menjemput di Bandara El Tari Kupang.

Tetapi, Angga selaku pelatih Susanti sebelumnya telah koordinasi dengan tim Muaythai Kupang Camp dan Laskar Timor Indonesia untuk menjemputnya di Bandara. Sehingga mobil yang sudah disediakan Kadispora NTT untuk menjemput mereka tidak jadi digunakan.

Kronologis ini dibenarkan Susanti. Bahwa sebelumnya, dia akan dijemput oleh Pemprov NTT. Tetapi teman-temannya dari Muaythai Kupang Camp dan Laskar Timor Indonesia telah menjemput mereka dengan mobil pick up.

"Kita sudah diinformasikan teman-teman dari jauh-jauh hari akan jemput kita di Kupang, jadi kita fix dengan mereka untuk dijemput pake mobil itu," ungkap Susanti.

Informasi yang beredar bahwa Pemerintah Provinsi NTT membiarkan atletnya pulang dengan mobil pick up usang itu terjawab. Jadi, bukan semata-mata para atlet ini dibiarkan begitu saja. Itu keingingan atlet dan pelatih yang sebelumnya telah dibicarakan dengan rekan-rekan yang lainnya serta diketahui oleh pihak Dispora NTT.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related