Risa Atlet dari Ciamis, Dapat Medali Emas Mewakili Papua

Sabtu, 09 Oktober 2021 08:10 Cepy RN FokuSport

Risa Atlet dari Ciamis, Dapat Medali Emas Mewakili Papua

 

Koropak.co.id - Namanya Risa Setyawati (20). Kelahiran Dusun Gudang Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.

Risa menjadi buah bibir. Prestasinya dalam PON XX Papua 2021 berbuah manis. Ia mendapatkan medali emas.

Cabang olahraga yang digeluti alumnus SMAN 1 Panawangan Ciamis ini adalah terbang layang. Saat debutnya di Bandara Mozes Kilangin Timika Papua, dengan nomor perorangan precisian landing kelas Schweizer SGU-22, dia meraih nilai sempurna.

Atlet asal Kabupaten Ciamis Jawa Barat ini memang layak menjadi kebanggaan bersama. Meski dia harus berangkat dari Papua, melalui Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), namun Risa sudah membuktikan prestasinya.

Sempat menjadi polemik memang. Netizen dari Ciamis dan Jawa Barat banyak yang mempertanyakan keterwakilan Risa yang bukan dari Jawa Barat.

Instagram official @ciamis.info, pada Sabtu, 10 September 2021, sudah menegaskan bahwa gadis cantik yang akrab dipanggil Caca itu tidak mewakili kontingen Jawa Barat.

Caca, sebut akun itu, mewakili Provinsi Papua, dan itu yang mendapat beragam komentar netizen asal kabupaten Ciamis.

Netizen banyak yang menyayangkan mengapa harus membela daerah lain. Namun tidak sedikit pula yang memuji prestasi Caca yang tidak melihat dari kontingen mana dia berangkat.

Ada yang menilai, atlet Ciamis memang berpestasi walau pada akhirnya membela provinsi lain. Akun @aditiarnld pada unggahan instagram official akun @ciamis.info berkomentar, "Kenapa mewakili Papua? Apa di Jawa Barat gak kepake?", tulis akun @aditiarnld.

"Kenapa mewakili Papua, asli Ciamis padahal," tulis akun @avutyulia25 dengan dibumbui emot sedih pada komentarnya.

 

Baca : Jawa Barat Makin Kokoh di Puncak Klasemen PON XX Papua

"Atlet potensial malah diacuhkan sama daerah sendiri nih (Jabar), alhasil direkrut buat membela tuan rumah Papua dan meraih mendali emas," tulis akun @fadil.malik7 dalam kolom komentar.

Selain itu, ada juga netizen yang menanggapi dengan beragam mengenai apa yang ditanyakan oleh netizen itu sendiri dalam komentar.

"Gak masalah mau bela Papua juga. Karena memberikan kesempatan buat Risa untuk meniti karir di dunia Olah Raga. Seandainya Jawa Barat mau memberi kesempatan. Bukan hal mustahil Risa akan membela Jawa Barat", tulis akun @yudikadarusman.

"Emang benar banyak atlet berprestasi yang malah disunting daerah lain, banyak faktor. Intinya mencari yang bisa menghargai dan mensejahterakan atlet dan Jabar pun banyak menyunting atlet dari luar daerah," tulis akun @umizhafira.

"Mewakili Papua, sanes lupa lemah cai, tapi Jawa Baratnya yang lupa dan gak mau memberdayakan atlet asal Jawa Barat", tulis balasan dari akun @yudikadarusman.

Adapula beberapa netizen yang menganggap admin @ciamis.info salah dalam pengetikan informasi, sehingga netizen banyak yang bertanya-tanya perihal postingannya.

Padahal, dalam dunia olah raga bursa jual beli atlet sangatlah biasa. Lumrah terjadi apalagi pada pertandingan sepak bola.

Faktornya banyak, yang menjadikan seorang atlet pindah dari tempatnya dan beralih ke tempat yang lebih baik, entah itu perihal kurangnya perhatian pemerintah daerah, kurang perhatian pengurus cabang olah raga, kesejahteraan, ataupun faktor-faktor lainnya.

Atlet pindah dan kemudian membela tim lain adalah buas. Seperti yang dilakukan Risa atlet Jawa Barat yang sukses membela tuan rumah Papua dalam PON XX 2020 Papua.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related