PON XX Papua 2021 Resmi Ditutup, Jawa Barat Pertahankan Gelar Juara Umum

Sabtu, 16 Oktober 2021 09:57 Eris Kuswara FokuSport

PON XX Papua 2021 Resmi Ditutup, Jawa Barat Pertahankan Gelar Juara Umum

 

Koropak.co.id - Wakil Presiden RI, KH.Ma'ruf Amin secara resmi menutup perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jumat 15 Oktober 2021, malam. Dalam gelaran tersebut, Kontingen Jawa Barat berhasil mempertahankan gelar juara umumnya.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf Amin mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON XX Papua 2021 yang dinilai sukses serta didukung oleh pembangunan infrastruktur olahraga atau venue berstandar internasional yang ada.

"Lokasi venue-nya ini tersebar dari Jayapura, Mimika dan Merauke dengan jarak antar venue-nya itu merupakan terjauh sepanjang penyelenggaraan PON. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa Papua bukan hanya sejajar dengan provinsi lainnya, akan tetapi dalam beberapa aspek Papua justru lebih unggul," kata Ma'ruf Amin dalam keterangannya sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu 16 Oktober 2021.

Penutupan PON XX Papua 2021 ini ditandai dengan penyerahan bendera PON dari Gubernur Papua kepada Gubernur Aceh dan Sumatera Utara yang diketahui akan menjadi tuan rumah bersama PON XXI tahun 2024 mendatang.

Setelah ini, Pesta olahraga nasional pun akan dilanjutkan dengan Pekan Olahraga Paralimpik Nasional XIV Papua yang akan berlangsung mulai 15 November 2021. Tercatat, sebanyak 20 cabang olahraga akan dipertandingkan di 12 venue dengan jumlah atlet 1.985 orang dan 740 ofisial dalam pekan olahraga tersebut.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang hadir dalam seremonial penutupan PON XX Papua 2021 itu mengaku bangga dengan prestasi yang berhasil diraih kontingen Jawa Barat. Dia juga menilai prestasi yang diraih kali ini mengulang sejarah 70 tahun lalu saat kontingen Jawa Barat berhasil mempertahankan gelar juara umum di ajang PON.

"Saya datang kesini untuk menyambut hari kemenangan Jabar sebagai juara umum. Tentunya saya ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada para atlet dan ofisial. Karena ini juga bukan sekedar prestasi medali, melainkan juga bukti cinta para atlet kepada Jawa Barat dan buah dari ketekunan," kata Ridwan Kamil.

 

Baca : Jawa Barat Makin Kokoh di Puncak Klasemen PON XX Papua

Pihaknya juga mengklaim bahwa capaian prestasi yang diraih kontingen Jawa Barat merupakan buah dari pembinaan atlet yang konsisten dengan diawali pencarian bibit atlet melalui kejuaraan berjenjang.

Kemudian, ada juga pusat pendidikan dan latihan olahraga pelajar yang membina atlet dari 13 cabang olahraga serta Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di beberapa kota dan kabupaten di Jawa Barat.

"Dengan berbekal itu semua, maka saya juga optimistis di ajang PON ke-21 yang rencananya akan dilaksanakan di Medan dan Aceh pada 2024 mendatang, Insyaallah Jabar akan juara umum lagi," tegasnya.

Ia menambahkan, para atlet Jabar peraih medali di PON XX Papua 2021 juga akan mendapatkan bonus. Hanya saja, untuk saat ini nominalnya masih dalam perhitungan dan penyesuaian. Sementara untuk penyerahan bonus tersebut rencananya akan diberikan di Gedung Sate, Kota Bandung.

"Untuk besaran bonusnya sedang dihitung oleh Pak Sekda yang pasti nilainya ratusan juta baik untuk yang dapet emas, perak dan perunggu. Nantinya juga akan ada kategorinya yang emas tunggal seperti catur dan ada juga yang emas berkelompok itu tentu berbeda serta ada hitungannya," tambahnya.

Meskipun bonus tersebut tidak bisa maksimal dikarenakan Covid-19, lanjut Ridwan Kamil, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan berusaha untuk memaksimalkannya.

Diketahui, kontingen Jawa Barat berhasil menyabet juara umum PON XX Papua 2021 dengan perolehan 133 emas, 105 perak dan 118 perunggu. Sementara di posisi kedua ditempati DKI Jakarta dengan raihan 110 emas, 91 perak, dan 101 perunggu. Kemudian, Jawa Timur menempel di posisi tiga dengan raihan 110 emas, 89 perak, dan 90 perunggu.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related