Bendera Indonesia Tidak Berkibar di Piala Thomas

Senin, 18 Oktober 2021 10:26 Agus Mingkail Raket

Bendera Indonesia Tidak Berkibar di Piala Thomas

 

Koropak.co.id - Indonesia menjadi Juara Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan China 3-0 pada babak final, yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021).

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting menjadi penentu kemenangan.

Mereka berhasil membawa Piala Thomas ke Indonesia setelah penantian panjang selama 19 tahun. Namun keberhasilan tim Thomas 2020 diwarnai insiden larangan pengibaran sang saka Merah Putih.

Pada penyerahan piala dan pemutaran lagu kebangsaan, tak ada bendera Indonesia, sebagai gantinya bendera PBSI yang dikibarkan. Hal ini dikarenakan Indonesia sedang disanksi oleh Badan Anti Doping Dunia (WADA).

 

Baca : Meski Kalah di Uber Cup 2020, Dukungan untuk Indonesia Terus Mengalir

Menpora beralasan target doping tidak bisa tercapai karena Pandemi Covid-19 membuat kegiatan olah raga terhenti. Oleh karena itu Indonesia tidak bisa memenuhi Test Doping Plan (TDP) tahun 2020.

Dalam konferensi virtual bersama Komite Oimpiade Indonesia, Menpora Zainudin Amari beserta Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) telah meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Saya meminta maaf atas kejadian yang membuat kita semua tidak enak dan tidak nyaman," kata Zainudin Amali, Senin 18 Oktober 2021.

"Harusnya kita semua menikmati kegembiraan setelah Piala Thomas kembalinkepada kita", ucapnya lagi.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini