5 Fakta Menarik Sandy Walsh, Pesepakbola Belgia yang Diusulkan Shin Tae-young

Jum'at, 12 November 2021 10:59 Eris Kuswara Sepakbola

5 Fakta Menarik Sandy Walsh, Pesepakbola Belgia yang Diusulkan Shin Tae-young

 

Koropak.co.id - Nama pesebakbola Sandy Walsh kembali menjadi bahan perbincangan hangat publik tanah air setelah pemain keturunan Indonesia tersebut diusulkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi.

Diketahui sebenarnya Sandy Walsh sendiri sudah lama mengutarakan niatnya untuk membela Timnas Indonesia. Bahkan dia juga kerap menebar kode dan mencuri perhatian penggemar di Indonesia.

Selain itu, Sandy Walsh juga sudah sempat dipantau pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, Luis Milla. Namun sayangnya, proses naturalisasinya saat itu masih menemui hambatan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai sosok Sandy Walsh, berikut 5 fakta menarik dari Sandy Walsh sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat 12 November 2021:

1. Lahir di Belgia

Sandy Walsh merupakan pemain kelahiran Brussel, Belgia 14 Maret 1995. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut diketahui lahir dari pasangan Brigitta Portier dan Gary Walsh.

Sandy Walsh juga merupakan pemain berdarah campuran dan dia juga termasuk keturunan Republik Irlandia dan Swiss dari ayahnya, Gary Walsh.

Sementara untuk garis keturunan Indonesianya sendiri berasal dari Ibunya, Brigitta Portier. Kemudian kakeknya berasal dari Surabaya, dan neneknya dari Malang.

2. Sempat Membela Timnas Belanda

Dikarenakan mempunyai garis keturunan Belanda, tercatat Sandy Walsh juga pernah membela Timnas Belanda di kelompok usia dengan memperkuat Timnas Belanda U-15 hingga U-20. Sandy Walsh juga pernah mempersembahkan gelar kejuaran Europa U-17 UEFA pada tahun 2012, namun dia kerap hanya menjadi pemanas bangku cadangan saja.

 

Baca : PSSI Targetkan Indonesia Juara Piala AFF 2020

3. Bermain di Liga Belgia

Meskipun berpaspor Belanda dan memperkuat Timnas Belanda kelompok usia, namun Sandy Walsh sendiri membela klub-klub Belgia sejak remaja dan dia merupakan jebolan klub Anderlecht.

Tercatat sejak 6 Oktober 2020, Sandy Walsh bermain untuk KV Mechelen yang tampil di Liga Pro Belgia dan mendapatkan menit bermain reguler di klubnya tersebut.

4. Pemain Berprestasi

Sandy Walsh termasuk pemain yang berprestasi. Karena, bersama Timnas Belanda U-17, tercatat dia pernah menjuarai kejuaran Europa U-17 UEFA pada tahun 2012.

Sementara di level klub, dia juga pernah menjuarai Piala Belgia bersama KRC Genk pada tahun 2013. Selain itu, Sandy Walsh juga termasuk pemain yang rajin dalam mencetak gol dan assist. Bahkan saat ini dia terlibat dalam 5 gol yang diciptakan KV Mechelen.

5. Pernah Tampil di Liga Europa

Menariknya lagi, Sandy Walsh ternyata pernah merasakan atmosfer kompetisi Liga Europa. Dia pertama kali tampil pada musim 2013/2014 bersama KRC Genk. Kesempatan pun kembali datang ketika dia membela S.V. Zulte Waregem. Dia pun berhasil tampil empat kali pada babak penyisihan grup.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini