Bantai Albania 5-0, Inggris Selangkah Lagi Maju ke Putaran Final Piala Dunia 2022

Sabtu, 13 November 2021 09:30 Eris Kuswara Sepakbola

Bantai Albania 5-0, Inggris Selangkah Lagi Maju ke Putaran Final Piala Dunia 2022

 

Koropak.co.id - Timnas Inggris akhirnya semakin mendekatkan diri ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah berhasil melibas Albania tanpa balas dengan skor 5-0, Sabtu 13 November 2021 dini hari.

Dalam pertandingan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup I yang berlangsung di Wembley Stadium itu, tercatat Harry Kane mampu menjadi bintang utamanya lewat torehan tiga gol hatrick yang diciptakannya.

Sementara itu, dua gol Inggris lainnya diciptakan Harry Maguire dan Jordan Henderson.

Dalam pertandingannya, Inggris memainkan formasi menyerang 3-4-3 dengan menempatkan Harry Kane, Raheem Sterling, dan Phil Foden di posisi depan. Hasilnya pada menit kesembilan, Harry Maguire mampu membuka keunggulan Inggris atas Albania.

Berawal dari Reece James yang mengirimkan umpan dari situasi sepakan bebas, bola pun langsung disundul Maguire dan melewati hadangan Thomas Strakosha.

Pada menit ke-14, Albania mempunyai kesempatan untuk menyamakan skor saat Kyle Walker melakukan blunder. Bola pun berhasil direbut Mryto Uzuni dan tinggal berhadapan dengan Jordan Pickford, tapi sepakannya masih melayang ke atas mistar gawang.

Memasuki menit ke-18, Kane pun berhasil menggandakan keunggulan Inggris. Bermain umpan 1-2 dengan Foden, Henderson yang terbebaskan untuk mengirimkan crossing, disambut dengan sundulan kepala Kane dan membuat bola bersarang ke gawang Strakosha.

Tak ketinggalan, Henderson juga turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-28. Kali ini dia memainkan umpan 1-2 dengan Kane dan masuk ke kotak penalti untuk mengecoh Frederic Veseli sebelum melepaskan tembakan ke gawang Strakosha.

 

Baca : Taklukan Inggris Melalui Drama Adu Penalti, Italia Juara Euro 2020

Berselang dua menit kemudian, Kane pun mencoba untuk menembak ke pojok kanan bawah, tapi Veseli dengan cepat menghadangnya. Namun pada menit ke-33, Strakosha tak berkutik ketika Kane berhasil menjebol gawangnya kembali.

Berawal dari Sterling yang menusuk dari sisi kiri, kemudian memberikan bola kepada Kane. Dia pun mampu melewati hadangan pemain dan langsung menembak ke pojok kanan atas.

Kane nyaris saja membuat hat-trick di menit ke-38 ketika bola umpan silang dari Sterling jatuh di jalur tembaknya. Tapi, bola sepakan voli Kane masih menyamping tipis di sisi gawang.

Meskipun begitu, pada akhirnya Kane bisa juga mencatatkan trigolnya di laga ini pada masa injury time babak pertama. Phil Foden yang mengirimkan bola silang, disambut dengan sepakan akrobatik Kane dan bola sempat membentur pemain, sebelum masuk ke gawang.

Unggul dengan skor 5-0, membuat Inggris mengendurkan tekanannya di babak kedua. Sehingga tidak banyak peluang yang diciptakan di babak kedua ini dikarenakan Inggris lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah.

Imbasnya, skor 5-0 tersebut bertahan hingga laga berakhir dan hasil itu pun mengantarkan Inggris untuk selangkah lagi menuju putaran final Piala Dunia 2022.

Selain itu, tambahan tiga poin yang diraihnya juga turut mengukuhkan posisi Inggris di puncak klasemen dengan raihan 23 poin dari sembilan laga yang dijalaninya serta unggul tiga poin dari Polandia di posisi kedua.

Sehingga, Inggris hanya butuh satu poin saja saat bertemu Polandia di laga terakhir untuk mengunci gelar juara grup.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini