PT LIB Akan Uji Coba Kehadiran Penonton di Liga 1 Musim 2021-2022

Minggu, 14 November 2021 08:31 Eris Kuswara Sepakbola

PT LIB Akan Uji Coba Kehadiran Penonton di Liga 1 Musim 2021-2022

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana untuk melakukan uji coba kehadiran penonton Liga 1 musim 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, pada Desember 2021 mendatang.

"Kalau memang diterapkan pada Seri Ketiga, maka yang digunakan adalah Stadion Manahan Solo. Karena itu merupakan satu-satunya stadion di kawasan tersebut yang menggunakan penomoran kursi," kata Direktur Utama PT. LIB, Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan di Jakarta, sebagaimana dihimpun Koropak, Ahad 14 November 2021.

Hadian menambahkan bahwa saat ini, PT. LIB terus mempersiapkan segala sesuatunya terkait uji coba tersebut dan salah satunya terkait dengan sistem informasi. Selain itu, pihaknya juga mengkaji pula soal risiko-risiko terkait pertandingan apa yang dipilih untuk dapat dihadiri penonton.

Sehingga jika semuanya sudah rampung, maka langkah selanjutnya akan dipresentasikan di hadapan pemerintah yang menjadi penentu akhir apakah uji coba penonton di stadion tersebut dapat berjalan atau tidak.

Jika disetujui, nantinya para penonton yang berada di stadion pada masa uji coba itu adalah para undangan yang jumlahnya sekitar 100 hingga 200 orang yang terdiri dari berbagai elemen seperti pemerintah, sponsor, perwakilan Asosiasi Provinsi/Kabupaten/Kota PSSI dan, tentunya suporter.

 

Baca : Liga 1 dan 2, Kehadiran Penonton di Stadion Sedang Digodok

"Para tamu undangan itu bukan sekadar akan menyaksikan pertandingan saja, akan tetapi juga mereka nantinya akan menyosialisasikan soal alur tiket, tempat duduk dan skenario lainnya. Jadi kami ingin mereka semua bisa menjadi agen dalam kampanye kami terkait hal ini," sambungnya.

Seperti yang diketahui, pemerintah Indonesia sendiri sudah mengizinkan keberadaan penonton di stadion melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 1 November 2021.

Dalam Inmendagri itu, pemerintah mengizinkan laga Liga 1 bisa disaksikan penonton di stadion dengan jumlah 25 persen dari kapasitas maksimal atau paling banyak sekitar 5.000 orang. Selain itu, semua penonton juga diwajibkan untuk berstatus "hijau" di aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki stadion.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related