Gol Semata Wayang Morata Antarkan Spanyol Lolos ke Piala Dunia 2022

Senin, 15 November 2021 09:50 Eris Kuswara Sepakbola

Gol Semata Wayang Morata Antarkan Spanyol Lolos ke Piala Dunia 2022

 

Koropak.co.id - Dalam laga pamungkas fase Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Timnas Spanyol berhasil menyegel tiket ke Piala Dunia Qatar 2022 setelah mengalahkan Swedia dengan skor tipis 1-0, Senin 15 November 2021 dini hari.

Bertanding di Estadio La Cartuja, Seville, Spanyol, gol kemenangan semata wayang La Furia Roja itu dicetak oleh Alvaro Morata pada menit ke-86. Meskipun begitu, sebenarnya Spanyol sendiri hanya butuh hasil imbang untuk menyegel tiket ke Qatar.

Sementara di sisi lain, Swedia harus menang agar bisa menjadi juara Grup B dan menyegel tiket ke Piala Dunia 2022. Karena, Zlatan Ibrahimovic Cs sebelum laga bergulir sedang tertinggal satu poin dari Spanyol. Namun Spanyol pada akhirnya mampu menang dengan skor tipis 1-0.

Dalam pertandingannya, Spanyol mampu memegang kendali permainan sejak menit pertama, Akan tetapi mereka juga tak mudah untuk bisa masuk ke kotak penalti Swedia. Tim Matador pun berhasil membuat percobaan pertamanya dari luar kotak penalti lewat tembakan Pablo Sarabia yang belum mengarah ke gawang.

Di sisi lain, Swedia yang lebih banyak bermain bertahan itu pun mencoba untuk menunggu momen agar bisa melancarkan serangan balik. Sebuah percobaan dari Swedia pun baru tercipta di menit ke-16 lewat tembakan jarak jauh Emil Forsberg yang tak mengarah ke gawang.

Memasuki menit ke-22, Spanyol juga mampu melepaskan dua percobaan dari luar kotak penalti. Sayangnya, bola percobaan dari Jordi Alba dan Dani Olmo itu juga tak mampu mengarah ke gawang.

 

Baca : Kalahkan Estonia 3-1, Belgia Kunci Tempat di Piala Dunia 2022

Swedia sendiri malah nyaris saja mampu mencetak gol di menit ke-39. Berawal dari sebuah umpan silang yang berhasil disambar oleh Emil Forsberg. Sangat disayangkan bola tembakannya masih melebar tipis di sisi tiang jauh Unai Simon. Skor kacamata 0-0 pun bertahan hingga laga turun minum.

Pada babak kedua, Swedia yang membutuhkan kemenangan untuk mengunci tiket Piala Dunia, akhirnya tampil lebih mengancam.

Tercatat, ada tiga percobaan yang berhasil dilepaskan Swedia pada 10 menit awal paruh kedua. Salah satunya kesempatan emas saat bola tembakan Alexander Isak dari luar kotak penalti masih melebar.

Setelah berulang kali tampil menekan lewat percobaan dari luar kotak penalti, Spanyol pada akhirnya bisa memimpin keunggulan di menit ke-86.

Berawal dari tembakan jarak jauh Olmo yang membentur tiang, bola rebound pun kemudian jatuh di kaki Morata yang dengan tenang langsung melesakkan tembakan ke gawang.

Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Spanyol. Sayangnya, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga berakhir. Spanyol pun akhirnya mampu menang dan berhak melaku ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Hasil yang diraihnya itu juga membuat Spanyol menjadi juara Grup B dengan raihan 19 poin. Sementara Swedia harus melewati babak play-off dikarenakan mereka menjadi runner-up dengan raihan 15 poin.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related