Hadapi BK Porprov Jabar 2022, IPSI Kota Tasikmalaya Siapkan 27 Atlet

Selasa, 16 November 2021 11:22 Cepy RN FokuSport

Hadapi BK Porprov Jabar 2022, IPSI Kota Tasikmalaya Siapkan 27 Atlet

 

Koropak.co.id - Menjelang babak kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Barat XIV - 2022, Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Tasikmalaya menyiapkan 27 atlet andalan untuk bisa lolos BK Porprov. Mereka terdiri dari atlet silat tanding sebanyak 15 orang dan sisanya atlet silat TGR (tunggal ganda regu).

Sebagai informasi, Babak Kualifikasi Porprov Jabar 2022 Cabang Olahraga Pencak Silat dibagi menjadi 4 wilayah.

Untuk wilayah I dan II, kegiatan tersebut akan digelar pada hari Kamis sampai Jumat, tanggal 2 sampai 3 Desember 2021.

Sementara pada hari Minggu sampai Senin, tanggal 5 sampai 6 Desember 2021, untuk wilayah III dan IV yang bertempat di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Padjajaran, Kota Bandung.

Dalam persiapannya, kontingen IPSI Kota Tasikmalaya yang masuk wilayah IV semakin matang dalam melakukan persiapan.

Sebanyak 20 kelas yang akan diikuti oleh Pencak Silat Kontingan Kota Tasikmalaya. Latihan digelar rutin berlokasi di Gedung Gelanggang Generasi Muda (GGM) Jalan Lingkar Dadaha Kelurahan Nagarawangi Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya.

"Untuk kekuatan secara umum alhamdulillah kita menurunkan full tim, kurang lebih sekitar 20 kelas, dari mulai kelas tanding, tunggal ganda regu, tunggal putra-putri, ganda putra-putri, beregu putra-putri," ujar Herman Suherman selaku Manajer Pencak Silat Kontingen Kota Tasikmalaya saat dijumpai Koropak, Senin (malam) 15 November 2021.

Ia menambahkan minimal sekitar 70 persen atletnya bisa masuk pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2021 mendatang.

"Alhamdulillah secara umum secara fisik mereka sudah ke level yang diharapkan oleh pelatih, dan kita dibantu oleh sekitar 6 orang pelatih yang masing-masing membidani di tiap-tiap cabang dan kategori," imbuhnya.

 

 

Baca : Ini Dia Pesilat Muda Dari Tasikmalaya Juarai Pencak Silat Virtual

Selain itu, para atlet IPSI Kota Tasikmalaya terus digembleng demi memaksimalkan kesempatan pada saat babak kualifikasi.

Dalam pelaksanaan latihannya kata Herman, dibagi menjadi 3 sesi latihan dalam sehari, yang dilakukan didalam ruangan dan diluar ruangan.

"Tahapan persiapan masih didalam ruangan, kita ada 3 sesi latihan dalam sehari, sesi pagi sesi siang ba'da dzuhur, dan sesi malam. Untuk latihan kita kombinasi didalam ruangan dan diluar ruangan," katanya.

Pihaknya pun mengagendakan latihan diluar ruangan bukan sekedar sarana latihan, tapi juga untuk memotivasi juga refreshing para atlet. Latihan dilakukan ditempat dan cuaca yang berbeda.

Farid Hermawan, selaku kepala pelatih pencak silat kontingen Kota Tasikmalaya mengatakan, para atletnya sudah sangat dipersiapkan.

"Kita sudah mempersiapkan kurang lebih sekitar 80 persen kesiapan atlet, dari berbagai macam perguruan silat, diantaranya perguruan yang terlibat hasil seleksi kemarin, dari Perisai Diri, Satria Muda Indonesia, Sanca Putih, Padjajaran Pusat, Tapak Suci, Haur Koneng, dan Pusaka Mekal Saputra," kata Farid.

Ia mengatakan, pihaknya berharap bisa meloloskan banyak kelas saat pelaksanaan. Karena menurutnya saat ini timnya akan mengikuti semua kelas yang akan dipertandingkan, dan semua atlet sudah dipersiapkan dengan sangat matang.

"Persiapan yang kami jalankan ini dapat dukungan ini dapat dukungan dari segenap masyarakat Kota Tasikamalaya, mohon doanya semoga berhasil dan lolos," pungkasnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related