Sejarah Duel Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF

Kamis, 30 Desember 2021 13:10 Eris Kuswara Sepakbola

Sejarah Duel Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF

 

Koropak.co.id - Sepanjang sejarah Piala ASEAN Football Federation (AFF), pertandingan final yang mempertemukan Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Thailand bukan menjadi suatu hal yang baru lagi.

Tercatat di Piala AFF tersebut, Indonesia sudah bertemu sebanyak 3 kali dengan Thailand 3 di partai puncak dan semua pertemuan yang dijalaninya selalu berakhir dengan kekalahan.

Dilansir dari tirto.id, pertemuan Timnas Indonesia melawan Thailand pada laga final Piala AFF 2020 digelar dengan format 2 leg dan kedua legnya dimainkan di venue netral, yakni Stadion Nasional Singapura, Kallang.

Partai pertama Indonesia melawan Thailand berlangsung pada Rabu, 29 Desember 2021 malam dan berakhir dengan kemenangan Thailand dengan skor 4-0 tanpa balas. Sementara itu, untuk partai keduany akan digelar pada Sabtu, 1 Januari 2022 mendatang.

Terlepas dari kekalahan skuad Garuda di putaran final leg pertama, diketahui dua kedua tim bisa disebut juga sebagai laga final ideal di Piala AFF 2020 dikarenakan kedua tim sama-sama belum pernah tumbang sejak babak penyisihan grup hingga 2 leg semifinal.

Thailand berhasil menjadi juara Grup A dan tercatat menang sebanyak 5 kali dan hanya meraih hasil seri sekali di Piala AFF, yaitu di leg kedua semifinal melawan Vietnam dengan skor 0-0 yang sudah tidak menentukan lagi.

Sementara Indonesia lolos ke babak semifinal sebagai juara Grup B berkat keunggulan produktivitas gol dari Vietnam. Untuk rekor Tim Garuda di Piala AFF tahun ini adalah 4 kali menang dengan 1 diraih melalui babak perpanjangan waktu dan 2 kali seri.

Jika berhasil mengangkat trofi, tentunya ini akan menjadi gelar perdana Indonesia di Piala AFF. Sebaliknya, untuk Thailand, ini akan menjadi trofi keenam sepanjang keikutsertaannya di Piala AFF.

Dikutip dari detik.com, turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut pertama kalinya mulai digelar pada tahun 1996. Barulah di tahun 1998, edisi kedua turnamen yang dahulu dikenal dengan nama Piala Tiger ini mempertemukan Indonesia yang berhadapan dengan Thailand.

Dalam turnamen tahun 1998, berhasil dimenangkan oleh Singapura tersebut dan Indonesia kalah dengan skor 2-3 dari Thailand di fase grup meskipun kedua tim sama-sama lolos ke fase gugur.

 

 

Baca : Indonesia Tumbang di Tangan Afghanistan dalam Laga Uji Coba FIFA Matchday

Indonesia dan Thailand pun lantas sama-sama kalah di semifinal, sehingga keduanya berjumpa lagi di perebutan posisi ketiga. Pada saat itu Skuad Garuda sukses revans dengan kemenangan adu penalti.

Sementara di pertemuan teranyar kedua tim adalah pada fase grup Piala AFF 2018. Kedua tim tergabung di Grup B dan Indonesia harus tunduk 2-4 dari Thailand di matchday ketiga fase grup. Skuad Garuda pun tidak lolos ke fase gugur akibat hanya finis di posisi keempat.

Sementara itu, berdasarkan sejarahnya di Piala AFF, dari 3 percobaan yang dilakukannya yakni pada tahun 2000, 2002 dan 2016, Indonesia selalu berakhir dengan kegagalan kala bertemu dengan Thailand di laga final.

Di Piala AFF tahun 2000, saat itu Indonesia disikat Thailand dengan skor 4-1 dalam laga yang dimainkan di Stadion Rajamangala, Bangkok. Dalam pertandingannya, The War Elephants berhasil unggul 2 gol terlebih dahulu lewat Worrawoot Srimaka.

Skuad Garuda berhasil membalas berkat aksi Uston Nawawi. Namun, setelah itu Srimaka justru mampu mencetak hattrick hanya dalam 32 menit laga berjalan dan membuat Indonesia tenggelam. Selain itu, gol yang diciptakan Tanongsak Prajakkata pada menit ke-65 pun memastikan laga berakhir dengan selisih 3 gol.

Berselang 2 tahun, kedua tim kembali bertemu di partai puncak Piala AFF. Kali ini, di edisi tahun 2002 yang masih belum mengenal format 2 leg. Skuad Garuda terlebih dahulu tertinggal 2 gol oleh aksi Chukiat Noosarung dan Therdsak Chaiman.

Namun, Yaris Riyadi dan Gendut Doni Christiawan mampu membuat skor sama kuat 2-2 hingga laga berlanjut dengan adu penalti. Sayangnya dalam drama adu penalti itu, Indonesia gagal ketika hanya 2 dari 4 algojo mereka yang sukses melesakan gol.

Thailand pada akhirnya meraih gelar juara AFF ke-3 dan diketahui butuh waktu selama 14 tahun kemudian bagi Indonesia dan Thailand bertemu di final Piala AFF. Dalam edisi 2016, skuad Garuda sebenarnya sudah menang 2-1 di Bogor.

Akan tetapi dalam leg kedua, Thailand berhasil menang 2-0 lewat brace Siroch Chatthong. Agregat pun berbalik menjadi 3-2 untuk gelar kelima Thailand.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Related