Teknik Dasar Bermain Bulutangkis

Sabtu, 02 Desember 2017 05:05 Eris Kuswara Raket

Teknik Dasar Bermain Bulutangkis

Pebulutangkis Pemula Musti Tahu Ini

koropak.co.id - Melihat sejarah perkembangan bulutangkis, olahraga ini berkembang di negara Inggris. Awalnya hanya permainan anak-anak, namun seiring dengan perkembangan jaman, permainan ini berubah menjadi olahraga yang ditandingkan di tiap kejuaraan. Fenomena ini juga memiliki dampak aspek di kehidupan manusia.

Dengan perkembangan jaman, olahraga ini begitu banyak melahirkan atlet yang terus bersaing untuk prestasi. Tetapi untuk menjadi seorang atlet bukan menjadi hal yang mudah, karena dituntut memiliki kemampuan mumpuni agar bisa mengalahkan setiap lawan serta mendapatkan gelar juara.

Namun, bagi para pemula, sebelum memulai berkiprah di dunia bulutangkis, perlulah kiranya dikuasai teknik-teknik dasar untuk bermain bulutangkis. Berikut Koropak akan mengupasnya lebih detail.

1. Memegang Raket
Bila dilihat, sepertinya memegang raket sangat mudah dilakukan. Namun apakah Anda mengetahui jika teknik memegang raket sering membuat pemain melakukan kesalahan? Cara memegang dengan tepat adalah menggunakan jari untuk menggenggam bagian tengah pada gagang. Ketika menggenggam, raket, jangan kaku. Di dalam teknik ini, tangan harus kuat agar bisa mempermudah melakukan pukulan. Untuk teknik lainnya adalah backhand. Teknik ini digunakan jika seseorang memperoleh serangan dari arah berlawanan raket.

2. Menggerakkan Kaki
Teknik kedua yang harus diperhatikan saat bermain bulutangkis adalah pergerakan kaki. Kadang secara tidak sadar, ketika bermain hanya berfokus pada tangan, padahal gerakan kaki juga bisa mempengaruhi permainan. Dalam penerapan teknik, posisi badan harus bertumpu dengan kedua kaki, sehingga seimbang untuk melakukan teknik penyerangan dan bertahan. Teknik ini dilakukan dengan cara menekuk maupun membengkokkan kedua lutut kaki, dan saat berdiri menggunakan ujung kaki, pinggang dalam keadaan tegap. Posisi dua kaki, sedikit terbuka, bisa juga salah satu kaki ada di depan. Lengan dan siku melebar di samping badan, dan tangan yang memegang rake bebas untuk bergerak.

3. Teknik Dasar Servis
Teknik dasar ini menjadi awalan dalam permainan bulutangkis. Dalam pertandingan, teknik ini sangat penting, karena bukan hanya dapat membuahkan poin, namun bisa membuat kehilangan poin bila sampai salah melakukannya. Sama seperti menggenggam raket, teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan cara backhand serta forehand. Bukan hanya itu, teknik servis bisa terbagi menjadi tiga yakni rendah, tinggi, dan sedang.

4. Hitting Position
Sesudah mempelajari teknik servis, Anda harus menyiapkan diri melakukan hitting position atau pukulan, atau lebih dikenal dengan smash. Teknik pukulan dilakukan ketika pemain menerima cock dari lawan. Pemain mempunyai waktu beberapa detik agar bisa menyesuaikan arah dan menyiapkan tenaga melakukan serangan balik. Teknik ini adalah teknik dasar bulutangkis sehingga harus Anda asah dengan rutin. Kecerdasan untuk membaca arah serta ketepatan akan menentukan hitting position serta menghasilkan poin yang sangat berharga untuk pertandingan.*

Related