Kemanakah Berat Badan Bertumpu Saat Tenis

Sabtu, 02 Desember 2017 05:18 Eris Kuswara Raket

Kemanakah Berat Badan Bertumpu Saat Tenis

Kiat Jitu Bermain Tenis Lapangan

koropak.co.id - Bila dilihat sekilas, permainan tenis lapangan seperti hal yang mudah. Padahal, pada kenyataannya bermain tenis lapangan membutuhkan stamina dan teknik yang cukup mumpuni. Salahsatu alasannya adalah raket yang cukup berat. Mengingat beratnya raket tenis, bila salah teknik menempatkan badan akan berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan dalam setiap pukulan.

Untuk dapat melakukan pukulan dengan baik, tentunya tidak bisa dipisahkan dengan penempatan kaki yang benar hingga penguasaan perpindahan berat badan dari belakang ke depan dalam melakukan setiap pukulan. Agar setiap pukulan dapat dilakukan dengan nyaman dan maksimal.

Keberhasilan seorang pemain dalam mempersiapkan diri untuk melakukan pukulan dengan benar dan enak tergantung dapi penempatan kaki betul dengan keseimbangan badan yang sempurna. Untuk itu perlu diperhatikan hal berikut.

Untuk menuju bola yang jauh ke samping atau ke depanbaik untuk pukulan fore-hand maupun back-hand sebaiknya pergunakanlah langkah silang. Jika bola datang ke sebelah kanan, melangkahlah dengan kaki kiri. Sebaliknya bila bola datang ke sebelah kiri melangkahlah dengan kaki kanan.

Sebaliknya, bila bola datang menuju kea rah kita, maka langkahkan kaki kanan ke belakang untuk melakukan pukulan fore-hand atau langkahkan kaki kiri ke belakang untuk melakukan pukulan back-hand.

Itulah beberapa teknik dasar langkah kaki untuk latihan permainan tenis. Permainan tenis juga tidak lepas dari latihan kelincahan. Semakin lincah seorang pemain maka maka makin cepat gerakan seseorang sehingga dapat menjangkau setiap bola yang datang walaupun posisinya jauh jauh dari pemain tersebut.

Disamping kelincahan yang harus dimiliki oleh pemain tenis. Ketahanan stamina juga sangat penting. Karena olahraga teni termasuk olahraga yang banyak membutuhkan tenaga. Untuk itu agar stamina tetap kuat dan terjaga tidak sampai loyo, maka seorang pemain tenis juga sangat perlu untuk melatih ketahanan staminanya. Latihan ketahanan stamina bisa dilakukan dengan latihan lari atau jogging selama satu jam.

Ini penting untuk dilakukan, karena sepandai-pandainya seorang pemain jika staminanya tidak kuat maka akan sangat mempengaruhi akurasi pukulan dan kelincahannya.*

Related