Klasemen Akhir Perolehan Medali Asian Games 2018

Senin, 03 September 2018 15:51 Eris Kuswara FokuSport

Klasemen Akhir Perolehan Medali Asian Games 2018


Koropak.co.id - Setelah hampir tiga minggu Asian Games 2018 digelar, pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut secara resmi berakhir Minggu (2/9/2018) pagi. Bertanding di Jakabaring Sport City, Palembang, nomor triathlon campuran menjadi olahraga yang paling terakhir dipertandingkan dalam ajang tersebut, dan Jepang keluar sebagai juaranya.

Tambahan satu medali emas dari nomor triathlon campuran tersebut membuat Jepang memiliki perolehan 75 emas, 56 perak, dan 74 perunggu. Perolehan medali Jepang itu juga hanya mampu menempatkan mereka di posisi kedua klasemen akhir perolehan medali Asian Games 2018.

Asian Games 2018 telah berakhir, dan China tampil sebagai juara umum, diikuti Jepang sebagai runner-up. Disusul oleh Korea Selatan di posisi ketiga, dan Indonesia di posisi keempat.

China pulang dengan predikat juara umum, dengan torehan yang sangat luar biasa yakni 132 emas, 92 perak, dan 65 perunggu. Gelar juara umum kali ini merupakan gelar ke-10 China selama keikutsertaannya di Asian Games.

 

Koropak.co.id - Klasemen Akhir Perolehan Medali Asian Games 2018 (2)

 

Baca : Fakta Menarik Closing Asian Games

 

Pada posisi ketiga berhasil ditempati Korea Selatan dengan raihan total 177 medali meliputi 49 emas, 58 perak, dan 70 perunggu. Sedangkan, Indonesia hanya mampu finis di posisi keempat, tidak lebih baik dari saat terakhir Indonesia menjadi tuan rumah pada Asian Games 1962 lalu yang mampu finis di posisi kedua.

Namun hal menariknya, Indonesia berhasil membuat rekor terbaru perolehan medali emas di Asian Games kali ini dengan raihan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Torehan tersebut membuat Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang mampu finis di sepuluh besar klasemen Asian Games. Kemudian untuk yang terdekat adalah Thailand dengan finis diposisi ke-12 dan berhasil mengumpulkan 11 emas, 16 perak, dan 46 perunggu disusul oleh Malaysia dengan raihan 7 emas, 13 perak, dan 16 perunggu sebagai tim ASEAN ketiga terbaik.

Pada Asian Games 2018 kali ini, terdapat delapan negara yang tidak berhasil meraih medali emas sama sekali yakni Tajikistan, Laos, Turkmenistan, Nepal, Pakistan, Afganistan, Myanmar, dan Suriah.*

 

Baca : Kemeriahan Closing Ceremony Asian Games

 

Related