Buntut Konflik di Laga Persib Versus Persija

Kamis, 04 Oktober 2018 18:30 Clara Aditia FokuSport

Buntut Konflik di Laga Persib Versus Persija


Koropak.co.id - Buntuk kematian suporter Persija, Haringga Sirla yang dikeroyok oleh sejumlah oknum Bobotoh dalam laga Persib Bandung versus Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018), Persib Bandung harus menelan pil pahit.

Sebanyak 14 sanksi tragis harus diterima tim kebanggaan warga Jawa Barat tersebut berkat ulah oknum Bobotoh yang menyebabkan Haringga Sirla meninggal secara tragis. Sederet sanksi berat harus ditanggung Persib Bandung hingga separuh musim 2019 mendatang. Jika sudah begini, siapa yang rugi?.

Tak ayal, beratnya sanksi Komisi Disiplin PSSI menimbulkan reaksi beragam. Bahkan, Menteri Pemuda dan Olahara RI, Imam Nahrawi menyampaikan reaksinya. Diakuinya, dia belum sempat membaca seluruh isi sanksi Persib. Namun, Imam Nahrawi menegaskan bahwa sanksi tersebut tidak hanya berlaku bagi Persib Bandung saja.

"Saya belum membaca semuanya, tetapi yang pasti hukum harus ditegakkan dan tidak hanya berlaku untuk Persib. Sanksi ini juga harus berlaku bagi semua klub yang terbukti melakukan hal yang sama," ucap Imam kepada Koropak di Kantor Kemenpora, Selasa (2/10/2018).

 

Buntut Konflik di Laga Persib Versus Persija

Baca : Haringga Sirla, Korban Fanatisme Brutal


Selain itu, Imam juga masih mempelajari sanksi tersebut, sekaligus mendapat masukan dari tim yang telah dibentuknya untuk menyelidiki kasus kematian Haringga Sirla, salah seorang suporter Persija Jakarta yang tewas dikeroyok oknum Bobotoh dalam laga Persib versus Persija, Minggu (23/9/2018) lalu.

"Saya juga masih harus membaca kronologisnya terlebih dahulu dan seperti apa temuan dari tim PSSI. Karena, kami harus memberi ruang kepada tim yang telah saya bentuk untuk melihat sanksi yang telah dikeluarkan PSSI," katanya."

Reaksi juga datang dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menurutnya, sanksi PSSI terhadap Persib Bandung sangat berlebihan. Karena dalam peristiwa tewasnya Haringga, masalah utamanya ada pada supporter.

"Terkait sanksi untuk Persib, hemat saya itu sangat berlebihan. Masalahnya ada di supporter, kenapa para pemain disanksi juga," ujar Emil melalui akun twitternya, Rabu (3/10/2018).

 

Baca : Gomez Hanya Ingin Fokus Untuk Persib

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menyebut berbagai sanksi yang diberikan Komdis PSSI kepada timnya tidak mendasar dan sangat merugikan. Umuh juga mempertanyakan apakah PSSI sudah melaporkan berbagai peristiwa dalam laga Persija Jakarta melawan Persib Bandung kepada FIFA.

"Ini kan tergesa-gesa, aneh kan. Ini harus ada kejelasan dulu," kata Umuh.

Harusnya, kata Umuh, berbagai pihak terkait dipanggil satu per satu oleh Komdis PSSI sebelum mengambil keputusan. Dia pun menilai hukuman yang dijatuhkan kepada Persib sebagai salah satu cara untuk menghancurkan klub tersebut.

"Carilah keadilan yang benar. Jangan karena nafsu, jangan karena inginnya menghancurkan Persib, saking nafsunya untuk membubarkan Persib Bandung, sehingga diberikan sanksi seperti ini," katanya.*

 

Baca : Buntut Sanksi Berat Netizen Buat Petisi Untuk Persib

 

Related