Festival Soccer One Day Jaring Bibit Berbakat

Senin, 21 Januari 2019 12:56 Clara Aditia Sepakbola

Festival Soccer One Day Jaring Bibit Berbakat


Koropak.co.id - Memperingati HUT Sekolah Sepakbola (SSB) Galuh, digelar kompetisi bergengsi pesepakbola usia playgroup bertajuk Galuh Putra Cup V. Ajang yang dilangsungkan di Lapangan Brigif 13 Tasikmalaya yang merupakan homebase dan Sekretariat Team SSB Galuh Putra Tasikmalaya, Minggu (20/1/2019) itu digelar dengan tujuan untuk menjaring bibit pesepakbola andal sejak usia dini.

Kepada Koropak, Senin (21/1/2019) Ketua Panitia sekaligus Kapten Coach dari SSB Galuh Putra, Agus Rakhmat mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk mencari bibit usia dini dalam sepakbola sekaligus melatih mental, dan mengasah kemampuan anak-anak yang selama ini diajarkan di SSB masing-masing

 

Koropak.co.id - Festival Soccer One Day Jaring Bibit Berbakat (1)

 

"Khusus untuk kelas playgroup, diikuti 20 SSB yang berasal dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, Malangbong, dan Garut. Bahkan ada juga dari Majenang dan Cilacap. Lebih menarik lagi, saat anak yang masih berusia 4 sampai 5 tahun, dengan lincahnya mereka bersaing berebut bola, tidak kalah dengan usia di atasnya," kata Agus.

Setelah melewati beberapa pertandingan, akhirnya tim tuan rumah SSB Galuh Putra masuk ke babak Final bertemu dengan Tim Putra Junior Tasikmalaya. Sebelumnya dalam Semi Final, SSB Galuh Putra Tasikmalaya berhasil mengalahkan Tim Samudera Gemilang Pangandaran dengan skor 2-3 lewat adu penalti, dan Putra Junior Tasikmalaya berhasil mengalahkan Tim Bina Mandiri Malangbong dengan skor 2-3 lewat adu penalti.

 

Koropak.co.id - Festival Soccer One Day Jaring Bibit Berbakat (2)

 

Baca : Laga Pertama, Persib Hadapi Persiwa

Dalam laga Final, tim tuan rumah harus mengakui keunggulan Tim Putra Junior dengan skor akhir 2-3 lewat drama adu penalty. Sementara itu, Tim Bina Mandiri Malangbong berhasil meraih tempat ke tiga, setelah mengalahkan Tim Samudera Gemilang Pangandaran, yang harus puas di tempat ke empat.

sebetulnya Tim SSB Galuh Putra mempunyai peluang yang sangat besar untuk menjadi juara, setelah dari pertandingan penyisihan hingga babak final poin nya selau terjaga. Sehubungan cuaca hujan besar disertai petir, menyebabkan pertandingan terhenti lama.

 

Koropak.co.id - Festival Soccer One Day Jaring Bibit Berbakat (3)

 

"Setelah para official dari seluruh tim, beserta panitia pelaksana pertandingan bermusyawarah, akhirnya pertandingan tetap dilanjutkan tetapi dengan sistem adu penalti, dengan pertimbangan efisiensi waktu tim lain dari luar kota, apabila pertandingan harus diundur ke hari berikutnya," ucap Agus.

Para Juara mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan medali. Agus berharap melalui kejuaraan tersebut, anak-anak akan semakin terasah keterampilannya dalam bermain sepakbola, lebih percaya diri, dan menjadi motivasi untuk lebih giat belajar serta meraih prestasi.

"Kami berharap ke depan bisa menyelenggarakan kembali agenda rutin tersebut dengan lebih baik lagi," tutur Agus.*

 

Baca : PSSI Wacanakan Kompetensi Berjenjang untuk Usia Muda