Lima Hal Penting Sebelum Arung Jeram

Senin, 04 Februari 2019 17:54 Dede Hadiyana Sport lain

Lima Hal Penting Sebelum Arung Jeram

 

Koropak.co.id - Olahraga arung jeram biasanya sangat cocok dilakukan saat musim penghujan karena selain debit air sungai yang cukup besar, derasnya arus sungai pun akan semakin memacu adrenalin pegiatnya. Banyak orang yang tidak mau melakukan olahraga ekstrim ini hanya dengan alasan tidak bisa berenang.

Padahal, bisa atau tidak bisanya berenang peserta tidak menjadi masalah, asalkan memperhatikan beberapa tips saat pengarungan berlangsung, maka akan tetap dapat ikut merasakan serunya berarung jeram.

1. Perhatikan intruksi dan alat keselamatan yang diberikan
Sebelum melakukan kegiatan arung jeram, pemandu akan memberikan berbagai arahan dan intruksi atau Safety Talk. Di sini, peserta harus memperhatikan dan mengikuti dengan seksama apa yang disampaikan, karena kerjasama sangat penting antara pemandu dan penumpang dalam olahraga ini. Pada penggunaan alat keselamatan disarankan untuk memilih pelampung yang pas dengan ukuran badan jika perlu yang sedikit ketat, serta gunakan helm sebagai pelindung kepala yang pas sesuai ukuran kepala pastinya.

 

2. Warming Up atau Lakukan Pemanasan
Setiap akan melakukan olahraga pasti ada pemanasan terlebih dahulu. Sama halnya dengan arung jeram yang cukup menguras tenaga, maka diperlukan pemanasan sebelum pengarungan guna mengurangi kemungkian kram saat mendayung.

 

Koropak.co.id - Lima Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Arung Jeram (3)

 

Baca : Tasik Baseuh Jilid 5 Siap Digelar

3. Jangan panik jika perahu terbalik
Apabila perahu terbalik saat pengarungan dan penumpang diharuskan berenang. Kunci utamanya adalah tenang, karena sebelumnya pemandu telah menginstruksikan dengan memberi teknik berenang dalam kondisi tersebut. Diharuskan berenang dengan posisi duduk atau rebahan dan posisi kaki mengarah ke hilir sungai agar dapat menghidari dari batu saat terbawa arus. Yang terpenting berenanglah dengan posisi rebah sambil menunggu pertolongan dan mata tetap waspada melihat atau mencari tim Rescue.

 

4. Memilih operator terpercaya
Jangan terkecoh dengan harga yang murah. Sekarang ini banyak bermunculan operator arung jeram liar sekalipun dengan alasan mencari sesuap nasi dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Pilihlah operator yang jelas dan terpercaya dengan memiliki pengalaman cukup lama di dunia arung jeram serta memahami karakter sungai yang akan diarungi.

 

5. Siapkan fisik yang sehat
Setiap melakukan aktivitas berolahraga memerlukan kondisi badan yang sehat. Demikian halnya dalam arung jeram. Tubuh sehat sangat diperlukan karena kegiatan arung jeram ini membutuhkan fisik yang kuat.

Tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang, asalkan mendengarkan instruksi pemandu dengan seksama. Alangkah baiknya jika mengutarakan hal tersebut kepada pemandu bahwa tidak bisa berenang.*

 

Baca : Tasik Baseuh Jilid 5 Digelar Pekan Ini

 

Related