Sean Gelael, Terjun Dunia Balap Sejak Kecil

Senin, 13 Mei 2019 21:13 Eris Kuswara Atlet

Sean Gelael, Terjun Dunia Balap Sejak Kecil

 

Koropak.co.id - Muhamad Sean Ricardo Gelael atau yang lebih akrab disapa Sean Gelael merupakan seorang pembalap mobil asal Indonesia yang saat ini berlaga pada ajang Formula 2 bersama timnya Pertamina Arden. Putra dari pasangan pembalap senior Ricardo Gelael dan Rini S. Bono tersebut diketahui telah familiar dengan dunia balap sejak masih kecil.

Tahun 2005 merupakan awal karier Sean di dunia balap, kala itu pria kelahiran Jakarta, 1 November 1996 baru berusia 9 tahun. Dia berani mengikuti ajang kejurnas Reli Sprint dengan menjadi navigator untuk ayahnya sendiri. Pada saat musim 2009, Sean juga mulai mengikuti ajang gokart di kelas Rotax Max Junior dan tetap bertahan hingga di ajang kejurnas reli.

Pengalaman bagus pada musim sebelumnya membuat pembalap muda ini mulai memantapkan diri untuk turun secara penuh di ajang gokart di tahun 2010. Bahkan di tahun berikutnya, dia berhasil menjadi salah satu pembalap Indonesia yang mengikuti kejuaraan gokart internasional dan Sean juga mampu memenangkan beberapa kejuaraan seperti juara karting tingkat Asia sebagai pebalap termuda, dan juara nasional karting tingkat senior.

 

Koropak.co.id - Membanggakan, Sean Gelael Wakili Indonesia di Ajang F2 (2)

 

Baca : Menyongsong Formula 1

Sean juga kembali meraih gelar juara karting tingkat Asia di Sentul, Indonesia, pada 2011. Pada tahun 2013, Sean memutuskan untuk hijrah ke Eropa demi menambah jam terbangnya. Disana, dia mengikuti ajang F3 Eropa kurang lebih selama 2 tahun dan setelah itu berlanjut ke ajang balap World Series by Renault pada tahun 2015. Diketahui, Sean juga turut mengikuti ajang balapan GP2 Series dan Asian LeMans Series meskipun hanya setengah musim saja.

Meskipun usianya masih sangat muda, tetapi Sean sudah memiliki pengalaman yang luar biasa. Terbukti pada tahun 2016, dia berhasil mengikuti ajang GP2 Series secara penuh bersama tim Campos Racing dan mendampingi rekan satu timnya Mitch Evans. Bahkan dia juga turut mengikuti European LeMans Series.

Pada tahun 2017, Sean Gelael juga turut ambil bagian dalam balapan GP2 atau yang sekarang telah berubah nama menjadi Formula 2 atau F2 dengan bergabung bersama tim Arden Internasional. Meskipun pada musim 2016 tim Arden menempati posisi juru kunci, namun Sean cukup optimistis dengan rencana program pengembangan yang dimiliki tim Arden pada musim depan.

Pada musim 2017 juga Sean mengaku ingin mendapatkan suasana dan tantangan baru bersama tim Arden. Bahkan dia juga berhasil mendapatkan kesempatan untuk menjalani 10 kali tes simulator di tim Arden dan tim Formula 1 Red Bull. Peluang emas itu pun tidak disia-siakannya dan kini Sean pun bermimpi untuk bisa unjuk kebolehan di ajang F1.*

 

Baca pula : Masa Depan Raikonen Bersama Ferrari